Ternyata Mudah! Begini Cara Membuat Semir Ban di Rumah

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 19 September 2022

Ternyata Mudah! Begini Cara Membuat Semir Ban di Rumah

momobil.id – Agar ban mobil tetap kinclong dan bersih, pemilik mobil harus melakukan semir ban. Selain menggunakan cairan khusus, pemilik mobil juga bisa membuat cairan semir ban sendiri dengan bahan sederhana yang mudah ditemukan di rumah. Berikut ini adalah berbagai cara untuk membuat semir ban di rumah dengan mudah.

Menggunakan Sabun Cuci Piring dan Soda

Salah satu cara membuat semir ban sendiri di rumah adalah dengan menggunakan campuran sabun cuci piring dan soda. Selain menggunakan cairan khusus semir ban, pemilik mobil juga bisa menggunakan campuran sabun cuci piring dan soda. Sesudah menyikat ban dengan bersih, campurkan minuman bersoda sebanyak 250 ml dengan satu sendok makan cabun cuci piring ke dalam botol bekas.

Ketika sudah tercampur rata, oleskan ke bagian pinggi ban dengan menggunakan kuas, sikat gigi, atau menggunakan spons. Tunggu sampai kering, kemudian gosok ban kembali menggunakan sikat gigi. Kemudian, lap ban sampai bersih.

Minyak Goreng

Selain digunakan untuk memasak, minyak goreng juga bisa digunakan untuk menyemir ban. Mengaplikasikan minyak goreng ke ban cukup mudah. Pemilik mobil hanya perlu menggunakan kuas cat atau spons ke bagian pinggir ban. Jika terlalu banyak mengoleskan minyak, bisa dilap menggunakan kain mikrofiber.

Untuk penggunaan minyak goreng, disarankan untuk mengoleskan pada bagian pinggir ban saja. Mengoleskan ke bagian tengah ban dapat membuat ban terasa lebih licin ketika diputar.

Air Gula

Tidak hanya sabun cuci piring dan minyak goreng, air gula juga bisa dipakai untuk menyemir ban mobil. Hal yang pertama dilakukan adalah dengan melarutkan empat sendok gula pasir ke dalam satu gelas air panas. Penggunaan air dingin juga bisa dilakukan, namun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melarutkan gula.

Setelah gula sudah larut, oleskan air gula ke ban mobil. Namun sebelum mengoleskan cairan gula, ban disarankan harus dalam keadaan bersih. Gunakan kuas atau spons ketika mengaplikasikan air gula ke ban mobil.

Baca Juga: Gak Cuma Bikin Kinclong, Ini Manfaat Melakukan Semir Ban

Bisa Menggunakan Lem Fox

Selain berfungsi untuk merekatkan barang yang rusak, lem fox juga bisa digunakan sebagai bahan dasar semir ban. Namun, ada bahan lain yang dibutuhkan selain menggunakan lem saja.

Pemilik mobil harus menyiapkan air dan sabun cuci piring. Campurkan setengah botol lem dengan 1/4 sabun cuci piring dan segelas air. Aduk hingga berbusa, kemudian balurkan ke permukaan ban.

Menggunakan Oli Bekas

Jika ada oli yang tidak terpakai, pemilik mobil bisa menggunakan oli bekas untuk menyemir ban. Cara penggunaan dari oli bekas tidak jauh berbedaa dengan penggunaan minyak goreng untuk menyemir ban. Pemilik mobil hanya perlu mengoleskan oli ke bagian samping ban.

Pakai Cairan Silikon

Salah satu semir ban yang paling efektif adalah dengan menggunakan cairan silikon. Pemilik mobil perlu menyiapkan cairan silikon, pengental, dan air. Sementara peralatan yang diperlukan adalah baskom bekas, pengaduk, dan botol.

Untuk cara membuatnya, campurkan 4,5 liter air dan silikon dalam baskom, kemudian aduk secara merata. Selama proses pengadukan, tambahkan pula pengental. Pastikan tidak ada gumpalan pada campuran silikon. Setelah tahap ini selesai, aplikasikan cairan pada permukaan ban.

mobil terkait

Rp 205.000.000

Individu

SURABAYA

Rp 343.700.000

Individu

JAKARTA

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 331.100.000

Individu

Rp 337.700.000

Individu

Rp 285.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas