Ternyata Tidak Semua Mobil yang Cocok untuk Travelling

Ditulis oleh : admin | 12 December 2016

Ternyata Tidak Semua Mobil yang Cocok untuk Travelling

Pernah menempuh perjalanan dari Pulau Sumatera ke Jawa lewat jalur darat? Jika menggunakan mobil pribadi tentu banyak tantangannya ya! Dan ini terkadang juga sudah menjadi hobi banyak orang untuk menempuh perjalanan jauh menggunakan mobil. Rasanya punya kepuasan tersendiri melakukan perjalanan antar pulau dengan menggunakan mobil. Tentu dengan mobil yang cocok untuk travelling Anda bisa menempuh perjalanan kemana saja dengan aman dan nyaman tanpa khawatir mobil akan rusak ditengah jalan.

Namun ternyata tidak semua mobil yang cocok untuk travelling. Banyak orang yang salah kira dan menggunakan mobil apa saja untuk menempuh perjalanan jauh. Padahal resikonya banyak jika tetap memaksakan mobil tertentu untuk dijadikan kendaraan road trip bersama keluarga atau teman-teman.

Mobil yang Cocok Untuk Travelling Seperti Apa sih?

Jika kita lihat ketika mudik tahun 2016, kita masih banyak melihat mobil-mobil city car yang digunakan untuk perjalanan jauh. Jika diisi dengan 2 orang sih mungkin tidak terlalu jadi masalah, tapi jika diisi dengan satu keluarga dan memaksakan beban mobil tentu akan memancing resiko besar. Contohnya mobil Toyota Agya yang masuk kategori LCGC (Low cost green car), mobil ini sebenarnya termasuk mobil jenis city car, namun banyak yang memakai mobil ini untuk perjalanan ke luar kota. Apakah aman? Sebenarnya aman-aman saja jika pengendara tahu kapasitas mobilnya. Mobil Agya merupakan mobil compact car, tidak seperti mobil SUV atau MPV. Shock nya cukup pendek sehingga jika membawa banyak beban tentu akan memberi goncangan hebat ketika roda memasuki lubang.

Mobil yang cocok untuk travelling
Source: astra.co.id

Jika kita melirik jenis mobil MPV, kaki-kaki mobil ini merupakan tipikal yang bandel, alias tahan terhadap goncangan apapun. Apalagi tipe mobil SUV yang memang diperuntukkan untuk mobil perjalanan jauh. Kaki-kaki mobil ini mampu menahan goncagan hebat walaupun diisi oleh 5 penumpang lebih dan barang bagasi yang banyak. Ban mobil seperti city car tidak besar sehingga kita juga tidak bisa memanuver ekstrim saat memasuki jalan lintas. Berbeda dengan MPV dan SUV, jenis mobil ini memiliki roda besar sehingga mau manuver se-ekstrim apapun akan tetap aman. Nah, maka dari itu jika melirik fungsi utama dari sebuah mobil dan resiko yang ditimbulkan, mobil MPV atau SUV adalah mobil yang cocok untuk travelling sebenarnya, bukanlah mobil tipe city car.

Source: otosentrum.com

Anda bisa cek di Momobi.id, situs jual beli mobil bekas online terbaik, Anda bisa menemukan banyak jenis mobil SUV dan MPV di website ini. Dengan mengutamakan fungsi mobil dan kapasitasnya, ada baiknya kita menggunakan mobil yang sesuai dengan tujuan berkendara. Jika Anda ingin menempuh perjalanan ke luar kota, maka SUV dan MPV adalah mobil yang cocok untuk travelling. Toh juga bisa dipakai untuk berkendara di dalam kota. Sama saja bukan? Tergantung Anda yang berkendara. Mobil kecil memang memudahkan kita berkendara dalam macet dan jalanan sempit, tapi resikonya akan sangat beresiko jika digunakan dalam perjalanan luar kota, apalagi membawa beban banyak. Sebaliknya, SUV dan MPV mungkin akan membuat konsentrasi kita lebih tajam dalam berkendara, khususnya di perkotaan seperti di Jakarta. Namun sangat aman jika dipakai mudik atau sekedar road trip ke kota-kota lain. Sekarang semuanya tergantung Anda? Tetap pada akhirnya ada positif negatif jika melirik pada tipe mobilnya sendiri. Satu hal yang pasti, Anda harus tetap berhati-hati dalam berkendara, khususnya jika hujan. Lebih baik pulang telat daripada tidak pernah pulang sama sekali bukan?

mobil terkait

Rp 138.000.000

Individu

JEMBER

Rp 114.000.000

Individu

JEMBER

Rp 107.000.000

Individu

JEMBER

Rp 111.000.000

Individu

JEMBER

Rp 151.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN

Rp 110.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN


Kembali ke atas