Tersemat Turbocharged, Tenaga Mazda 3 2021 Bakal Lebih Buas

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 9 June 2020

Tersemat Turbocharged, Tenaga Mazda 3 2021 Bakal Lebih Buas

momobil.id – Bagi penggemar Mazda 3, mungkin masih ingat bahwa tahun 2013 merupakan tahun terakhir bisa memesan mobil tersebut dengan opsi mesin yang lebih kuat. Saat ini ada kabar baik bagi para penggemar, lantaran Mazda 3 2021 kemungkinan akan menggunakan mesin yang lebih bertenaga dengan berbekal turbocharged.

Rumor ini berasal dari Jalopnik dengan mengutip sumber anonim yang membeberkan tangkapan layar yang berasal dari dealer dan mencantumkan kode model 2021. Seperti dilansir Jawa Pos, bocoran itu menyebutkan Mazda 3 2020 tersedia dalam model sedan dan hatchback. Bocoran tersebut juga menunjukkan bahwa peningkatan hanya akan tersedia untuk opsi penggerak all wheel drive atau AWD.

Sumber tersebut diduga merupakan sumber yang dapat diandalkan, namun Mazda belum bicara mengenai hal ini. Meski begitu, tidak dapat disangkal bahwa Mazda 3 dengan kekuatan lebih bertenaga adalah keniscayaan.

Baca juga: Kurang dari Rp250 Juta, Ini Daftar Harga Mobil SUV Bekas Per Juni 2020

Saat ini ada beberapa pilihan yang tersisa bagi pembeli di beberapa pasar seperti Amerika Serikat yang menginginkan sesuatu yang kecil, praktis, dan menyenangkan untuk dikendarai. Selain GM dan Ford, Hyundai Veloster mengisi kekosongan bagi pecinta hatchback, belum lagi Honda Civic Type-R, meskipun harganya agak mahal.

VW Golf GTI generasi baru juga akan segera hadir, dan Toyota telah memastikan GR Corolla. Jika Mazda berharap untuk mempertahankan pijakan dengan angka 3 yang mengesankan, sekarang sudah saatnya untuk memberikannya tambahan performa yang menggiurkan.

Adapun Mazda3 yang dijual sekarang mengadopsi jantung mekanis berbahan bakar bensin Skyactiv-G 2,0 liter. Unit daya ini mendapatkan optimalisasi pada bagian intake port, bentuk piston, split fuel injection dan katup pendingin. Tujuannya menghasilkan tenaga lebih baik serta efisiensi bahan bakar optimal.

Torsi puncak tersedia 200 Nm pada 4.000 rpm. Resultan daya terlontar 153 PS di 6.000 rpm. Lalu distribusi tenaga disalurkan melalui transmisi otomatis 6-speed Skyactive-Drive plus paddle shift. Dipastikan mobil anyar kelak memompa tenaga lebih besar dari ini.



Kembali ke atas