Tertarik Beli Mobil Mr. Bean? Periksa Tiga Hal Ini

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 27 August 2020

Tertarik Beli Mobil Mr. Bean? Periksa Tiga Hal Ini

momobil.id – Siapa yang tidak kenal dengan mobil Morris Mini Cooper klasik? Meski di Indonesia populasinya tidak terlalu besar, Morris Mini Cooper cukup populer di kalangan masyarakat dengan julukan mobil Mr Bean.

Ya, Morris Mini Cooper memang identik dengan Mr Bean, tokoh lucu yang diperankan oleh Rowan Atkinson dalam serial dengan judul yang sama, ‘Mr. Bean’. Dalam serial tersebut, Mr. Bean menggunakan Morris Mini klasik berwarna Citron Green.

Baca juga: Spesifikasi Kia Carnival Terbaru Berjuluk Grand Utility Vehicle

Yang menarik, mengutip dari DetikOto, belakangan ini Morris Mini tengah naik daun dan menjadi buruan banyak orang. Namun karena Morris Mini Cooper termasuk mobil tahun lawas, tentu ada berbagai hal yang harus diperhatikan sebelum membelinya. Jika kebetulan sedang berencana membeli ‘mobil Mr. Bean’ ini dalam waktu dekat, coba perhatikan beberapa hal ini sebelum melakukan transaksi pembelian.

Kondisi bodi

Sekadar informasi, Morris Mini Cooper yang dipakai oleh Mr Bean disebut juga British Leyland Mini 1000. Mobil ini dirilis tahun 1977 dan menjadi mobil Mini kedua Mr. Bean dalam serialnya. Sebelumnya, Mr. Bean juga sempat menggunakan BMC Mini MK II 1969 berwarna oranye.

Apapun itu, jika ingin membeli Morris seperti milik Mr. Bean berarti harus berhadapan dengan mobil tua. Satu hal yang wajib diperiksa pertama kali sebelum memutuskan membelinya adalah bagian bodi.

Mungkin agak sulit menemukan mobil ini dalam kondisi bodi sempurna jika bukan dari sesama penggemar Morris Mini. Karena itu, perhatikan bagian-bagian bodi mobil yang sudah keropos. Semakin banyak keropos, artinya banyak juga mengganti pelat baru.

Jika bagian yang keropos tidak terlalu banyak, maka proses restorasi pun akan lebih cepat dan biayanya bisa semakin ditekan. Jangan lupa siapkan dana untuk pengecatan dan mengganti seal karet.

Cek mesin dan kaki-kaki

Langkah kedua adalah mengecek bagian mesin serta kaki-kaki. Jika kaki-kakinya masih sehat, tentu akan lebih menyenangkan ketika digunakan untuk bepergian.

Periksa kelengkapan surat

Biar bagaimanapun Morris Mini Cooper adalah mobil tahun lawas. Calon pembeli wajib memeriksa kelengkapan surat-suratnya mulai dari BPKB, STNK, dan yang lainnya. Akan lebih baik jika STNK dalam kondisi hidup alias tidak pernah telah membayar pajak.(Dwi Yanto)



Kembali ke atas