Tesla Berencana Siapkan Mobil Listrik Murah, Segini Kisaran Harganya

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 27 September 2020

Tesla Berencana Siapkan Mobil Listrik Murah, Segini Kisaran Harganya

momobil.id – Meski menawarkan teknologi baru, salah satu hambatan mengapa mobil listrik belum sepopuler mobil konvensional saat ini karena banderol harganya yang masih cukup tinggi. Elon Musk selaku bos Tesla pun memiliki rencana menghadirkan mobil listrik dengan harga yang lebih murah.

Seperti dilansir Kumparan yang mengutip Carscoops, estimasi harga mobil listrik murah dari Tesla sekitar atau di bawah US$25 ribu yang setara dengan Rp373,4 jutaan. Sementara itu pengembangannya akan dilakukan selama tiga tahun dimulai 2020 ini.

Kemungkinannya besar, sebab Musk menuturkan harga baterai cenderung terus turun tiap tahunnya. Sejak 2010 sampai 2019, harga per kWh turun dari 1.100 menjadi US$156. Sayangnya Tesla belum mengungkap bagaimana purwarupa maupun wujud terkaan mobil setrum yang dimaksud. Tapi Musk mengatakan fitur utamanya bakal serupa dengan kendaraan Tesla yang sudah diniagakan.

Artinya, mobil listrik Tesla itu tetap disematkan teknologi swakemudi. Maklum, sistem otonomus produknya merupakan salah satu barang dagangan utama ke konsumennya. Makanya jangan heran bila sering lihat di kanal Youtube maupun Instagram, banyak pengguna Tesla yang menggunakan fitur tersebut. Bahkan membiarkan mobil melaju sendiri sambil pengemudinya tidur.

Baca juga: Segini Biaya Perawatan DFSK Glory 560 Selama Tiga Tahun

Ini bukan pertama kalinya Elon Musk membuat pernyataan berani. Sebelumnya orang nomor satu di Tesla itu juga menargetkan produksi 20 juta unit mobil per tahun dalam rencana jangka panjang.

Kembali ke mobil listrik murah Tesla tadi. Jika harganya masih Rp 300 jutaan, rasanya masih akan sulit melawan kendaraan serupa dari Tiongkok, Wuling Hong Guang Mini EV yang dibanderol Rp60 jutaan.

Adapun pada periode April-Juni 2020 lalu, penjualan mobil Tesla cukup positif dengan membukukan pengiriman sebanyak 90.652 unit.


Kembali ke atas