Tidak Berbahaya, Kenal Lebih Dekat Corona Mobil Klasik Toyota

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 30 March 2020

Tidak Berbahaya, Kenal Lebih Dekat Corona Mobil Klasik Toyota

momobil.id – Kebanyakan orang mengenal nama “Corona” sebagai virus berbahaya yang menginfeksi ratusan ribu orang di dunia. Virus Corona memang menjadi topik yang banyak dibicarakan oleh seluruh dunia selama 3 bulan terakhir ini. Namun, bagi pecinta otomotif, nama Corona mungkin mengingatkan pada mobil produksi Toyota. Mobil ini diproduksi pada tahun 1957 hingga tahu 2003. Berikut ulasan Toyota Corona dari generasi ke generasi dilansir oleh carmudi.co.id.

Generasi Pertama

Corona Generasi Pertama

Corona generasi pertama diperkenalkan pada tahun 1957 berkode ST10. Pertama kali hadir, mobil ini mengambil desain dan komponen dari Toyota Crown. Desain dari generasi pertama mengambil desain mobil Ford sedan tahun 1949, yaitu dengan bodi monokok dan supensi double wishbone. Mesin yang digunakan pada generasi pertama berkapasitas 997cc dengan tenaga 42hp.

Generasi Kedua

Corona Generasi Kedua

Generasi kedua Corona dirilis pada tahun 1960 dengan kode ST20 dan ST30. Mobil ini juga dikenal dengan nama Toyota Tiara. Pada generasi ini, Corona memiliki 2 versi, yaitu coupe, sedan dan station wagon. Perbedaan dari generasi pertama terlihat pada bagian depan, dimana desainnya mirip dengan Ford Thunderbird tahun 1955. Mesin yang disematkan pada generasi kedua berkapasitas 1.500cc dengan tenaga sebesar 45hp.

Generasi Ketiga

Corona Generasi Ketiga

Pada September 1964, Toyota memperkenalkan Corona generasi ketiga. Corona generasi ketiga didesain oleh Battista Farina, seorang desainer asal Italia. Pada generasi ketiga ini, Corona memberikan karakter baru dengan sentuhan Eropa. Hal ini dapat dilihat dari bodi yang mengotak, lampu berjumlah 4 buah dan penggunaan bumper krom. Terdapat beberapa pilihan mesin pada Corona, yaitu mesin 1.200cc bagi pasar Amerika Serikat, mesin 1.600 cc dengan 2 karburator untuk pasar Australia, dan mesin 1.600cc DOHC untuk pasar Jepang.

Generasi Keempat

Corona Generasi Keempat

Toyota Corona generasi keempat hadir pada tahun 1970. Generasi ini merupakan generasi pertama Corona yang hadir di Indonesia. Mesin yang ditawarkan pada generasi ini bervariasi, mulau dari 1.300cc sampai dengan mesin 2.000cc. Pada generasi ini, Corona menawarkan kenyamanan yang lebih baik, dan ubahan desain yang lebih mewah. Versi dua pintu dari generasi keempat memiliki basis yang sama dengan Toyota Celica.

Generasi Kelima

Corona Generasi Kelima

Generasi kelima Corona hadir pada tahun 1973 berkode T100. Mobil ini hadir dengan transmisi otomatis dan manual. Mesin yang ditawarkan lebih bertenaga, yaitu mesin naturally aspirated dengan dua karburator Mikuni Solex 40mm. Corona generasi kelima adalah Corona pertama yang diproduksi secara CKD di Indonesia.

Generasi Keenam

Corona Generasi Keenam

Meluncur pada 1978, Corona generasi keenam ini memiliki garis bodi yang tegas dan mirip dengan Toyota Corolla. Corona berkode T130 ini memiliki berbagai model, yaitu coupe, sedan 4 pintu, lift back, dan station wagon. Mesin yang ditawarkan bervariasi, mulai dari mesin berkapasitas 1.600cc, sampai dengan mesin berkapasitas 2.400cc. Mesin ini kemudian ditawarkan dengan transmisi otomatis dan manual.

Baca Juga : Delapan Rekomendasi Mobil untuk Taksi Online

Generasi Ketujuh

Corona Generasi Ketujuh

Pertama kali muncul pada tahun 1982, generasi ketujuh Corona dibuat dari platform T140. Pada generasi ini, Corona lahir dengan penggerak roda depan. Model yang dipasarkan sama dengan generasi sebelumnya, yaitu coupe, sedan, liftback, dan station wagon. Generasi Ketujuh ini dijadikan armada taksi di Singapura dan beberapa negara karena dinilai cukup baik.

Generasi Kedelapan

Corona Generasi Kedelapan

Diproduksi sejak tahun 1987 hingga 1992, bentuk Corona generasi ke-8 ini terlihat lebih modern dan tidak membosankan. Untuk merayakan produksi Corona yang ke 10juta, maka Toyota merilis Corona edisi spesial di Jepang.

Generasi Kesembilan

Corona Generasi Kesembilan

Generasi ke sembilan Corona ini memiliki dimensi yang lebih besar dibanding generasi-generasi sebelumnya. Mpbil ini merupakan generasi yang paling sukses dan memiliki kabin yang lega. Di Indonesia, ada 3 model dari Corona generasi ini, yaitu Corona Absolute, GX dan EXSaloon. Bentukan Corona ini mirip seperti Great Corolla.

Generasi Kesepuluh

Corona Generasi Kesepuluh

Generasi kesepuluh merupakan generasi terakhir Corona di dunia. Mobil ini diproduksi mulai tahun 1996 hingga tahun 2001. Bentuk dari Corona terlihat lebih segar dari sebelumnya, dengan dua warna. Hal ini terlihat dari lis pada bodi mobil. Pada generasi ini, Corona pernah dirilis menggunakan mesin diesel dengan turbo.

Sumber gambar : wikipedia.org



Kembali ke atas