Tiga Komponen Klakson Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Ditulis oleh : redaksi | 24 February 2020

Tiga Komponen Klakson Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

momobil.id – Semua kendaraan dilengkapi dengan klakson yang berfungsi membantu pengemudi memberikan tanda atau peringatan kepada pengguna jalan lain. Sistem klakson memiliki fungsi yang sangat penting, termasuk pada mobil. Pasalnya, klakson bisa membantu mengingatkan pengguna jalan lain agar lebih memperhatikan kondisi di sekitarnya.

Jika antara pengguna jalan yang satu dengan yang lain saling memperhatikan, maka potensi kecelekaan di jalan raya bisa ditekan. Meski fungsinya cukup membantu, tak banyak orang yang mengetahui mengenai komponen apa saja yang terdapat dalam sebuah klakson mobil.

Baterai klakson

Komponen penting pada klakson yang pertama adalah baterai yang berfungsi sebagai sumber listrik utama. Komponen ini memiliki arus Direct Current (DC) atau arus searah. Secara umum, baterai ini memiliki tegangan 12 volt dengan dua kutub, yakni positif dan negatif. Apabila arus mulai kosong, maka akan mengakibatkan bunyi klakson mobil melemah, sehingga bunyinya terdengar pelan.

Sekring klakson

Klakson mobil juga dilengkapi sekring atau fuse yang berfungsi sebagai pengaman pada jaringan kelistrikan. Komponen yang satu ini dapat mencegah terjadinya kerusakan pada komponen lainnya bila terjadi hubungan singkat atau kelebihan tegangan. Seperti sekring pada umumnya, fuse akan otomatis putus bila tiba-tiba terjadi hubungan singkat atau beban arus listrik berlebihan.

Relay klakson

Selalu ada komponen yang bertugas mengalirkan arus yang besar ke klakson dengan menggunakan arus pengendali yang kecil. Komponen ini bernama relay yang mampu mengamankan komponen saklar dari kerusakan dan arus ke arah klakson lebih besar. Komponen inilah yang mampu membuat suara klakson mobil menjadi keras.

Baca Juga: Melihat Spesifikasi New MINI Cooper Clubman

Nah, dengan mengetahui beberapa komponen pada sebuah klakson, kamu kini bisa memahami apa yang menjadi penyebab jika suara klakson mobil mulai terdengar tidak terlalu lantang. Periksa beberapa komponen di atas agar kinerja klakson tetap optimal.(Dwi Septi)

 

Sumber gambar: Shutterstock



Kembali ke atas