Tiga Mobil Favorit Pilihan Millennial: Kelas LCGC di Peringkat Dua dan Tiga

Ditulis oleh : admin | 5 July 2019

Tiga Mobil Favorit Pilihan Millennial: Kelas LCGC di Peringkat Dua dan Tiga

momobil.id – Meski pesonanya tak sementereng mobil-mobil kelas premium, deretan mobil ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) tetap memiliki penggemar tersendiri. Pilihan mobil LCGC biasanya menjadi favorit bagi mereka yang baru pertama kali memiliki mobil sendiri, termasuk dari kalangan generasi millennial (kelahiran 1982-2000).

Di kelas LCGC, hampir setiap ATPM memiliki produk unggulannya. Seperti Toyota dan Daihatsu yang memiliki duo Agya Ayla, Suzuki yang menawarkan Karimun, dan Honda Prospect Motor yang menghadirkan mobil kelas LCGC dalam wujud Honda Brio. Dengan harga yang cukup terjangkau ditambah fitur yang cukup oke untuk mobil pertama, mobil kelas LCGC sempat mengalami periode puncak permintaan pada medio 2016-2017. Selain sebagai mobil pertama, kenaikan permintaan LCGC saat itu juga dipicu kebutuhan pembeli untuk menjadi taksi online.

Meski permintaan mobil LCGC saat ini sudah menurun dan cenderung stabil, mobil LCGC nyatanya tetap masuk dalam deretan mobil favorit kalangan millennial. Berdasarkan survei Indonesia Millennial’s Top Brand Award 2019, tiga mobil favorit millennial berasal dari pabrikan Toyota yakni Avanza, Calya, dan Agya. Dari tiga pemenang award tersebut, hanya Avanza yang tak masuk dalam kelas LCGC.

Jika menengok Avanza sebagai mobil terfavorit, tentu tidak mengherankan jika melihat jumlah penjualannya sebanyak 1,15 juta unit sepanjang 2018. Sedangkan penjualan Cayla sepanjang tahun 2018 berada di urutan ketiga dengan jumlah 63.970 unit, tak heran jika ia menjadi mobil favorit kedua millennial. Namun yang agak mengejutkan adalah masuknya Agya di peringkat ketiga mobil terfavorit millennial. Pasalnya, saudara kembar Daihatsu Ayla ini tak masuk deretan 10 besar mobil terlaris sepanjang 2018, meski penjualannya tidaklah buruk yakni 29.106 unit.

Menurut Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, jatuhnya pilihan millennial pada segmen LCGC adalah bentuk apresiasi terharap Toyota yang merespon kebijakan pemerintah tentang pengembangan kendaraan dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan. Hasil survei tersebut juga membuktikan bahwa pasar LCGC masih memiliki harapan untuk berkembang meski permintaan sedang stagnan dan sedikit mengalami penurunan.

Baca Juga: Ini sebabnya penting melakukan spooring dan balancing

“Kami sangat mengapresiasi pilihan pelanggan millennial. Penghargaan ini sekaligus menunjukkan keberhasilan pemerintah dalam mendorong kemajuan industri otomotif, karena Agya dan Calya lahir dari pengembangan kendaraan dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan yang diluncurkan pemerintah,” kata Fransiscus.

Adapun Indonesia Millennial’s Top Brand Award 2019 merupakan ajang penghargaan terhadap brand yang berhasil menjadi pilihan generasi millennial Indonesia yang diselenggarakan oleh majalah Warta Ekonomi. Survei dilakukan melalui teknik riset online survei menggunakan aplikasi mobile dengan kumulatif jumlah responden lima belas ribu orang.

Tertarik mencari mobil LCGC bekas berkualitas dengan harga terjangkau? Momobil menyediakan beragam listing mobil pilihan dan Personal Assistant yang siap membantu Anda mendapatkan kendaraan idaman.

Sumber gambar: IST


Kembali ke atas