Tiga Transportasi Favorit untuk Mengangkut Hewan Kurban

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

12 Aug 2019

momobil.id - Momen hari raya Idul Adha baru saja dilalui. Sebelum tiba hari raya Idul Adha, masyarakat biasa melihat beberapa kendaraan yang digunakan sebagai alat transportasi untuk mengangkut hewan kurban, mulai dari sepeda motor, mobil pick up, maupun truk. Dari tiga jenis angkutan tersebut, mobil pick up dan truk merupakan moda transportasi yang paling sering digunakan untuk mengangkut hewan kurban, terutama mengangkut sapi.

Dari beberapa jenis transportasi tersebut, apakah kamu tahu tipe mobil pick up atau truk apa yang biasa digunakan untuk mengangkut sapi maupun kambing dalam jumlah banyak? Berikut daftar truk dan mobil pick up yang kerap digunakan untuk mengangkut hewan kurban.

Mitsubishi Ragasa 135 PS

Mitsubishi Ragasa 135 PS

Terdengar asing? Yup. Kendaraan tersebut umumnya digunakan untuk peternak atau pedagang hewan kurban untuk mengangkut sapi. Meski pun modelnya cenderung jadul dan kurang menarik, Mitsubishi Ragasa 135 PS masih digunakan hingga kini karena dinilai lebih efektif dan efisien dalam mengangkut sapi kurban. Mitsubishi Ragasa 135 PS memiliki kapasitas mesin >3000 cc berbahan bakar diesel. Sistem penggerak truk ini adalah 4x2.

Meski Mitsubishi Ragasa 135 PS merupakan salah satu truk yang digemari, truk ini merupakan model lama dan tidak lagi diproduksi. Namun beberapa orang menjual produk bekasnya dengan rentang harga Rp60juta hingga Rp 120 jutaan, tergantung bagaimana kondisi truk tersebut.

Suzuki Carry

Suzuki Carry

Jenis kendaraan lain yang sering digunakan untuk mengangkut sapi kurban adalah Suzuki Camry. Suzuky Camry dipersenjatai mesin berkode G15A berkapasitas 1.493 cc, empat silinder segaris, 156 katup. Sistem buka tutupnya menggunakan teknologi DOHC. Namun, sayangnya Suzuki Camry hanya dapat membawa beberapa hewan kurban, tidak sebanyak Mitsubishi Ragasa 135 PS karena ukurannya jauh lebih kecil.

Colt Diesel Turbo Intercooler 125 PS

Colt Diesel Turbo Intercooler 125 PS

Untuk kendaraan truk terbaru, ada model yang lebih anyar yaitu Colt Diesel Turbo Intercooler 125 PS. Truk ini cukup besar dan luas untuk mengankut hewan kurban dalam skala besar. Truk ini disokong mesin 4D34-2AT8 Turbo Intercooler dan diklaim oleh Mitsubishi cukup irit, bertenaga serta tahan lama.  Karena serial ini tergolong baru, harga yang ditawarkan masih cukup tinggi yaitu sekitar Rp300 jutaan tergantung dealer kota setempat yang menawarkan.

Baca Juga: Alasan mengapa mobil bekas Daihatsu Xenia masih banyak peminatnya

Nah, sudah tahu kan jenis transportasi yang biasa digunakan untuk membawa hewan ternak untuk kurban? Adapun ketika memilih truk pengangkut hewan kurban, sebenarnya tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari truk pengangkut itu sendiri. Hal ini untuk menjaga kondisi hewan kurban agar selalu sehat dan prima. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih truk pengangkut antara lain:

  • Didesain untuk meminimalisir peluang hewan dapat meloloskan diri
  • Bebas cacat dan kerusakan yang mungkin dapat menimbulkan cedera
  • Tersedia alas tidur yang memadai serta menyerap kencing dan kotoran
  • Melindungi hewan dari kondisi cuaca yang tidak menguntungkan
  • Ada ventilasi dan aliran udara yang baik untuk ternak

Terdengar banyak syaratnya? Tentu saja, karena bagaimana pun yang diangkut adalah hewan hidup yang harus dirawat sebaik mungkin sebelum pada akhirnya akan di kurbankan. 

Sumber gambar: New Straits Times

  • Featured Article
  • Mobil Pick Up
  • idul adha 1440H
  • sapi kurban
  • angkutan hewan kurban
  • truk

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

PALEMBANG

2018
Manual

160 juta

JAKARTA BARAT

2018
Otomatis

195 juta

PALEMBANG

2019
Manual

125 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More