Tinggi Peminat, Pemesanan Kia Sonet Capai 6.523 Unit dalam Sehari

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 24 August 2020

Tinggi Peminat, Pemesanan Kia Sonet Capai 6.523 Unit dalam Sehari

momobil.id – Belum lama ini KIA Motors India resmi memperkenalkan Sonet yang merupakan produk SUV kompak terbarunya. Mobil ini akan bersaing dengan Suzuki Vitara Brezza, Hyundai Venue, dan yang akan datang seperti Nissan Magnite dan Toyota Urban Cruiser.

Mobil anyar ini ternyata memiliki banyak peminat. Pemesanan Kia Sonet di India sangat tinggi, terbukti dari total pemesanan mencapai 6.523 unit pada hari pertama peluncuran. Kia Sonet merupakan SUV dengan platform modern yang diproduksi di pabrik Kia Motors India di Anantapur, Madhya Pradesh. Seperti dilansir Tempo, model ini memiliki lima tempat duduk dengan dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.647 mm serta jarak sumbu roda 2.500 mm. SUV mungil ini memiliki ground clearance 211 mm dan tanki bensin berkapasitas 45 liter.

Meski Sonet mengisi segmen Low SUV, tapi dibekali dengan beragam fitur serta teknologi canggih yang umumnya ada di mobil-mobil premium. Misalnya, layar sentuh berukuran jumbo, 10,25 inci, konektivitas yang mendukung Apple CarPlay dan Android Auto, Bose premium 7-speaker system, Smart Pure Air Purifier yang dilengkapi virus protection, dan sebagainya.

Sonet dibekali mesin dan transmisi yang sama dengan Hyundai Venue. Yakni mesin 1,2 liter bensin dan 1.0 liter turbo (T-GDI) bensin, dan 1,5 liter diesel. Mesin 1,2 liter bensin akan dibekali transmisi manual 5-percepatan, sedangkan 1,5 liter diesel dibekali transmisi manual 6-percepatan dan otomatis.

Sedangkan mesin 1,0 liter turbo dilengkapi transmisi otomatis 7-percepatan dual clutch (DCT) dan transmisi manual 6-percepatan intelligent manual transmission (iMT).

Sebagai SUV dengan bentuk yang mungil, Sonet tetap menampilkan kesan gagah. Bagian grille masih mempertahankan identitas Tiger Nose khas KIA. Sistem penerangannya pun sudah dilengkapi teknologi LED dengan tambahan fitur lampu DRL.

Baca juga: Renault Zoe, Mobil Listrik Garapan Renault dan Samsung

Bagian kabin Sonet mengusung nuansa sporty. Area interior menggunakan warna serba hitam yang dikombinasi aksen dan detail jahitan benang merah di beberapa titik seperti door trim, sarung tuas transmisi, jok, hingga lingkar kemudi. Dari segi keselamatan, Sonet menawarkan fitur enam buah airbag, ABS dengan EBD, ESC, bantuan rem, sensor parkir depan dan belakang. lampu depan otomatis, dan fitur jok ISOFIX.

Model tertinggi Sonet hadir dalam varian GT Line. Trim GT Line hadir eksklusif dengan interior eksklusif yang didominasi warna merah. DI bagian luar, identitas tipe ini dicirikan dengan grille hitam glossy yang dibubuhi emblem GT Line berwarna merah.



Kembali ke atas