Tip Membersihkan Mesin Mobil agar Bagian Elektrik Tidak Korslet

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

07 Aug 2019

momobil.id - Jika ruang mesin mobil kotor, jangan coba-coba membersihkan tanpa dibarengi dengan keahlian khusus. Salah langkah ketika membersihkan ruang mesin dapat berdampak fatal, seperti mobil bisa terbakar akibat korsleting listrik.

Ario Hadi, Operation Manager Autospa Bekasi mengatakan bahwa membersihkan mesin mobil lebih baik menggunakan kemoceng dan sikat gigi (khusus dibagian kecil) dan sebisa mungkin tidak menggunakan air.

"Jika sulit, bisa gunakan cairan pembersih khusus. Tapi jangan paksakan untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit diraih," jelasnya seperti dilansir Kompas.

Sebelum dibersihkan, pastikan bagian elektikal seperti ECU, aki, alternator, dan soket-soket kelistrikkan telah tertutup rapat agar debu dan cairan apapun tidak masuk kedalamnya sehingga dapat menganggu kinerja bagian elektrikal mobil.

Selain itu, bagian-bagian elektrikal tadi juga harus dipastikan sudah tertutup rapat jika kolong mesin harus dibersihkan. Gunakanlah air dengan tekanan rendah dalam waktu kurang dari dua menit.

 “Komponen akan rusak atau meninggalkan jamur jika kolong mesin dibersihkan terlalu lama,” jelas Ario. Setelah dibersihkan, harus segera dikeringkan. Disarankan agar pengeringan dibantu kompresor agar sela-sela yang sempit dapat ikut dikeringkan.

Baca Juga: Mobil sering nganggur di rumah bisa rusak loh! Lakukan hal ini supaya mobil tetap awet

“Akhiri dengan lap bagian tersebut menggunakan kanebo atau microfiber. Ingat, perawatan mesin mobil cukup di lap saja atau dibersihkan debu-debunya. Jika harus dicuci, lebih aman dibawa ke salon mobil” tambah Ario. (fda)

Sumber gambar: Auto Finesse

  • Featured Article
  • mesin mobil
  • membersihkan mesin mobil
  • merawat mesin mobil

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

SEMARANG

2018
Otomatis

240 juta

SEMARANG

2016
Otomatis

205 juta

PADANG

2012
Manual

118 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More