Tip Membersihkan Mesin Mobil agar Bagian Elektrik Tidak Korslet

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine | 7 August 2019

Tip Membersihkan Mesin Mobil agar Bagian Elektrik Tidak Korslet

momobil.id – Jika ruang mesin mobil kotor, jangan coba-coba membersihkan tanpa dibarengi dengan keahlian khusus. Salah langkah ketika membersihkan ruang mesin dapat berdampak fatal, seperti mobil bisa terbakar akibat korsleting listrik.

Ario Hadi, Operation Manager Autospa Bekasi mengatakan bahwa membersihkan mesin mobil lebih baik menggunakan kemoceng dan sikat gigi (khusus dibagian kecil) dan sebisa mungkin tidak menggunakan air.

“Jika sulit, bisa gunakan cairan pembersih khusus. Tapi jangan paksakan untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit diraih,” jelasnya seperti dilansir Kompas.

Sebelum dibersihkan, pastikan bagian elektikal seperti ECU, aki, alternator, dan soket-soket kelistrikkan telah tertutup rapat agar debu dan cairan apapun tidak masuk kedalamnya sehingga dapat menganggu kinerja bagian elektrikal mobil.

Selain itu, bagian-bagian elektrikal tadi juga harus dipastikan sudah tertutup rapat jika kolong mesin harus dibersihkan. Gunakanlah air dengan tekanan rendah dalam waktu kurang dari dua menit.

 “Komponen akan rusak atau meninggalkan jamur jika kolong mesin dibersihkan terlalu lama,” jelas Ario. Setelah dibersihkan, harus segera dikeringkan. Disarankan agar pengeringan dibantu kompresor agar sela-sela yang sempit dapat ikut dikeringkan.

Baca Juga: Mobil sering nganggur di rumah bisa rusak loh! Lakukan hal ini supaya mobil tetap awet

“Akhiri dengan lap bagian tersebut menggunakan kanebo atau microfiber. Ingat, perawatan mesin mobil cukup di lap saja atau dibersihkan debu-debunya. Jika harus dicuci, lebih aman dibawa ke salon mobil” tambah Ario. (fda)

Sumber gambar: Auto Finesse


Kembali ke atas