Tip Memilih GPS Tracker: Jangan Hanya Sekedar Alat Pelacak Kendaraan

Ditulis oleh : Helen Birgitta

17 September 2019

Tip Memilih GPS Tracker: Jangan Hanya Sekedar Alat Pelacak Kendaraan

momobil.id – GPS tracker atau alat pelacak lokasi banyak digunakan pada kendaraan yang memiliki tingkat mobilitas tinggi. Beberapa kendaraan yang ditanamkan GPS tracker biasanya digunakan untuk kebutuhan bisnis seperti taksi, kendaraan operasional, hingga kendaraan logistik. Saat ini, ada beberapa pihak yang menawarkan perangkat GPS tracker untuk mobil maupun kendaraan lainnya guna menjawab kebutuhan tersebut.

Namun sebelum menjatuhkan pilihan pada salah satu produk, pemilik bisnis sebaiknya mengetahui apa saja yang harus dipertimbangkan ketika hendak memasangkan GPS tracker pada mobil atau kendaraan operasionalnya. Perangkat GPS tracker sebaiknya tak hanya mampu memantau atau melacak mobilitas kendaraan, namun juga dibekali kemampuan untuk menghadirkan informasi lainnya.

“Lebih baik, pastikan jenis sistemnya dapat memantau rute perjalanan selama beberapa bulan terakhir. Kemudian juga bisa memantau kecepatan kendaraan, mendengar suara dalam kabin, memiliki sensor batas kecepatan, tombol darurat (SOS), fitur matikan mesin dari jarak jauh (engine cut off), sensor mesin kendaraan (hidup atau mati), dan lainnya,” jelas Ade Habibie selaku Chief of Media and Brand Activation PT Super Spring, dalam keterangan resminya.

GPS tracker, kata Ade, sebaiknya juga harus memiliki kemampuan pelacakan secara real time dan memberikan informasi posisi yang akurat. Sehingga jika terjadi pencurian atau pembegalan, kendaraan bisa dilacak lebih mudah.  Hal penting lainnya ketika memilih GPS tracker adalah mempunyai server center sendiri, dan dikelola sendiri oleh perusahaan penyedia GPS tracker.

Usahakan tidak memilih GPS tracker yang severnya masih menyewa pada penyedia hosting, apalagi yang sekedar numpang di hosting gratisan. Terakhir, pastikan perusahaan penyedia GPS tracker tersebut sudah lama beroperasi di Indonesia agar pelanggan bisa mendapat dukungan penuh dari perusahaan ketika terjadi kendala. Harga yang murah ketika memilih-milih GPS tracker memang cukup menggoda, namun hal yang paling penting ketika memilih perangkat ini adalah memastikan pelayanan purna jualnya seperti layanan 24 jam dan layanan bantuan teknis yang tersedia di banyak kota.

Sumber gambar: toptenreviews

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas