Kupoles Mobil Indahku: Tip Merawat Cat agar Tetap Mengkilap

Ditulis oleh : Helen Birgitta

18 September 2019

Kupoles Mobil Indahku: Tip Merawat Cat agar Tetap Mengkilap

momobil.id – Bagian eksterior mobil yang paling sering mendapat perhatian adalah warna cat. Perawatan yang kurang tepat akan mengakibatkan kecerahan warna cat memudar atau menurunkan kualitasnya. Pada musim kemarau seperti saat ini, pemilik mobil wajib merawat warna cat mobil dari paparan debu yang jumlahnya meningkat dibanding biasanya.

Cara merawat warna cat mobil agar tetap mengkilap selama musim kemarau yakni dengan mencuci mobil tersebut. Pasalnya, jika debu terus dbiarkan melekat pada cat, maka debu tersebut akan mengendap lalu bisa menimbulkan baret halus pada cat mobil. Lama kelamaan, hal ini pun akan membuat warna cat menjadi pudar. Karena itu, pemilik mobil wajib mencuci kendaraannya setidaknya seminggu sekali guna menjaga warna cat tetap mengkilap.

“Untuk membersihkan debu dari bodi mobil, cara paling mudah adalah rutin mencuci mobil. Hal ini merupakan perawatan dasar, karena otomatis debu dan kotoran yang melekat pada bodi mobil akan menghilang,” ujar Buddy Sukmawan selaku Kepala Bengkel Body and Paint Auto2000 Singsosari, seperti dilansir Kompas.com.

Buddy menjelaskan, air yang mengalir saat mencuci mobil akan berguna untuk menyapu segala kotoran dan debu sehingga mengembalikan kecerahan warna pada mobil. Jika ingin lebih maksimal lagi, setelah mencuci ada tindakan lebih lanjut yang bisa dilakukan. Seperti memoles atau melakukan terapi anti-kusam dengan cairan khusus untuk bodi mobil.

Jika ingin melakukan sendiri, lebih baik memoles bodi mobil tidak perlu berlebihan ketika menekan bodi. Cukup oleskan dengan lembut di bagian permukaan menggunakan cairan tersebut. Sebagai catatan, cairan yang digunakan pun tidak boleh terlalu banyak mengandung campuran zat kimia. Pemilik mobil juga harus menyediakan kain microfiber khusus untuk membersihkan bagian bodi eksterior mobil dan tidak dipakai untuk membersihkan yang lain.

Baca Juga: Waduh waduh! Jok mobil masih pakai fabric ketumpahan kopi, gimana membersihkannya?

“Membersihkan dan memoles sendiri, berarti melakukan perawatan ringan yang bisa dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke salon mobil. Jika ingin melakukan perawatan sendiri, harus memperhatikan kain microfiber yang digunakan, untuk penggunaan bagian eksterior dan interior harus dipisah, jangan digabung,” ujar Buddy.

Buddy menambahkan, jika ingin lebih maksimal dalam merawat bagian eksterior seperti cat mobil, memang sebaiknya pergi ke salon mobil. Setidaknya, pemilik harus melakukan perawatan mobilnya di salon mobil minimal setahun sekali atau dua kali dalam setahun.

Sumber gambar: budgetdirect

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas