Tip Merawat Extra Fan Mobil agar Tetap Beroperasi Optimal

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

06 Aug 2019

momobil.id - Extra Fan adalah bagian dari mobil yang memainkan perannya dalam menjaga kenyamanan berkendara. Tapi apakah kamu tahu bahwa extra fan pada mobil jaman dulu dan sekarang memiliki perbedaan?

Mardian Alfan selaku kepala bengkel CARfix Karawaci, mengatakan extra fan pada mobil zaman dulu memiliki perbedaan sistem dibanding mobil zaman now. Mobil zaman sekarang sekarang beroperasi dengan listrik, sedangkan mobil zaman dahulu menggunakan sabuk kipas dalam pengoperasiannya.

"Extra fan berputar dengan tenaga listrik yang dihasilkan oleh dinamo, sementara extra fan jaman dulu dikendalikan oleh sabuk fan dan terhubung langsung ke mesin yang berputar," ujar Mardian.

Sabuk fan pada mesin mobil keluaran zaman dulu memainkan peran yang sangat penting. Fungsinya untuk memutar komponen mesin tertentu, seperti water pump, alternator, kompresor AC, sirkuit idle dan kipas pendingin radiator.

Karena digerakkan oleh listrik, maka extra fan pada kendaraan roda empat jaman sekarang harus jauh lebih diperhatikan kondisinya untuk pemeliharaan rutin.

Baca Juga: Makin gelap kaca film semakin adem, benarkah demikian?

"Tentu saja, pemeriksaan berkala harus dilakukan khususnya ketika mobil sudah mencapai kilometer yang tinggi seperti 100 ribu kilometer atau sudah mencapai tiga tahun. Itu sudah harus dipertimbangkan oleh pengguna untuk mengganti extra fan”, tambah Mardian.

"Jadi extra fan yang menggunakan listrik harus jauh lebih dipantau dan dikendalikan," kata Mardian. (STD)

Sumber gambar: Grimme Motors

  • Editor's Choice
  • AC Mobil
  • Tips Mobil
  • extra fan
  • extra fan mobil
  • merawat extra fan

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

BANJAR

2009
Otomatis

106 juta

BANJAR

2018
Manual

176 juta

BANJAR

2011
Otomatis

86 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More