Tip Merawat Extra Fan Mobil agar Tetap Beroperasi Optimal

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi | 6 August 2019

Tip Merawat Extra Fan Mobil agar Tetap Beroperasi Optimal

momobil.id – Extra Fan adalah bagian dari mobil yang memainkan perannya dalam menjaga kenyamanan berkendara. Tapi apakah kamu tahu bahwa extra fan pada mobil jaman dulu dan sekarang memiliki perbedaan?

Mardian Alfan selaku kepala bengkel CARfix Karawaci, mengatakan extra fan pada mobil zaman dulu memiliki perbedaan sistem dibanding mobil zaman now. Mobil zaman sekarang sekarang beroperasi dengan listrik, sedangkan mobil zaman dahulu menggunakan sabuk kipas dalam pengoperasiannya.

“Extra fan berputar dengan tenaga listrik yang dihasilkan oleh dinamo, sementara extra fan jaman dulu dikendalikan oleh sabuk fan dan terhubung langsung ke mesin yang berputar,” ujar Mardian.

Sabuk fan pada mesin mobil keluaran zaman dulu memainkan peran yang sangat penting. Fungsinya untuk memutar komponen mesin tertentu, seperti water pump, alternator, kompresor AC, sirkuit idle dan kipas pendingin radiator.

Karena digerakkan oleh listrik, maka extra fan pada kendaraan roda empat jaman sekarang harus jauh lebih diperhatikan kondisinya untuk pemeliharaan rutin.

Baca Juga: Makin gelap kaca film semakin adem, benarkah demikian?

“Tentu saja, pemeriksaan berkala harus dilakukan khususnya ketika mobil sudah mencapai kilometer yang tinggi seperti 100 ribu kilometer atau sudah mencapai tiga tahun. Itu sudah harus dipertimbangkan oleh pengguna untuk mengganti extra fan”, tambah Mardian.

“Jadi extra fan yang menggunakan listrik harus jauh lebih dipantau dan dikendalikan,” kata Mardian. (STD)

Sumber gambar: Grimme Motors


Kembali ke atas