Tip Merawat Wiper Mobil agar Tetap Maksimal Menyapu Air

Ditulis oleh : admin | 22 May 2019

Tip Merawat Wiper Mobil agar Tetap Maksimal Menyapu Air

momobil.id – Meski terlihat sederhana, wiper memiliki peran penting di sebuah mobil. Wiper dengan kondisi prima akan membantu visibilitas pengemudi saat menempuh perjalanan dalam kondisi hujan lebat.

Agar kondisinya tetap prima, pemilik mobil harus tetap memberikan perhatian pada komponen yang satu ini. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik mobil agar fungsi wiper tetap berjalan normal. Berikut beberapa tip yang bisa dicoba seperti dilansir Kompas.com:

Cek karet wiper

Karet wiper merupakan bagian penting karena mempengaruhi kinerja wiper ketika menyapu air. Karet wiper yang kondisinya sudah getas, tak akan mampu menyapu air secara maksimal. Karena itu, beberapa pabrikan menganjurkan untuk mengganti karet wiper setiap enam bulan sekali. “Karet wiper itu termasuk komponen yang tidak terindungi karena letaknya di luar. Sehingga bisa saja berbah menjadi keras atau getas,” ujar Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi.

Baca Juga: Alasan Hankook Tire fokus menggarap segmen mobil premium

Angkat posisi wiper

Jika mobil parkir di luar ruangan selama berhari-hari, angkat posisi wiper agar karet wiper tidak melengkung. Bambang pun menyarankan agar menghindari parkir di bawah sinar matahari langsung.

Semprot antikarat

Karena terpapar langsung dengan kondisi cuaca seperti hujan dan sinar matahari, hal ini bisa menyebabkan komponen wiper berkarat, terutama di bagian engsel. Membiarkan karat tentu akan mempengaruhi kinerja wiper. Karena itu, Bambang menyarankan menyemprotkan cairan antikarat atau pelumas pada porosnya.

Bersihkan kaca dan karet wiper

Bila melihat kaca mobil berdebu, jangan menggunakan wiper karena dapat merusak karet wiper itu sendiri. Sebaiknya bersihkan kaca mobil dan karet wiper dari debu yang menempel dengan lap basah atau siram dengan air.

Penulis: Danang Setiaji

Sumber gambar: IST

mobil terkait

Rp 331.100.000

Individu

Rp 309.100.000

Individu

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 347.000.000

Individu

JAKARTA

Rp 199.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 205.000.000

Individu

JAKARTA UTARA


Kembali ke atas