Tips Agar Wiper Bekerja Maksimal Saat Berkendara di Musim Hujan

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 16 January 2019

Tips Agar Wiper Bekerja Maksimal Saat Berkendara di Musim Hujan

Tips Mobil | Mobil Bekas

Wiper berfungsi sebagai penyeka air di kaca mobil agar pandangan saat berkendara tidak terganggu. Memasuki musim hujan, peranan wiper pada mobil Anda semakin penting. Maka jangan abaikan gangguan pada wiper yang tak maksimal menyapu air, atau bahkan membuat kaca mobil Anda menjadi buram? Agar pandangan Anda tetap jernih saat mengemudi menerjang hujan, segera cek kondisi wiper agar dapat bekerja optimal dan mendukung Anda saat berkendara di musim hujan. Simak tips berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Bersihkan karet wiper Anda menggunakan shampoo mobil dan kain lap setiap dua minggu sekali. Debu kotoran yang mengendap pada karet wiper akan menyebabkan kerusakan dan membuat kaca mobil tergores.

Gunakan stand atau batang penyanggah agar karet tidak langsung menempel pada kaca.

Hindari penggunaan cairan multiguna atau semir ban untuk menjaga kelembaban karet wiper. Pasalnya, cairan tersebut malah akan membuat kinerja buruk pada bilah karet wiper saat diaktifkan.

Karet bilah wiper saat ini sudah dirancang tahan panas dari kaca mobil. Jadi, Anda tidak perlu mengangkat batang wiper saat mobil diparkirkan. Karena itu akan melemahkan tekanan per pada batang wiper, sehingga kinerjanya tidak maksimal.

Itu adalah beberapa tips untuk menjaga wiper mobil Anda tetap bekerja optimal. Jangan sampai musim hujan menjadi kendala berkendara Anda. Sedia payung sebelum hujan, ayo lakukan pengecekan pada wiper mobil Anda sekarang!

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock


Kembali ke atas