Tips Aman Melewati Jalan Sepi dengan Mobil Saat Masa PSBB

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 2 May 2020

Tips Aman Melewati Jalan Sepi dengan Mobil Saat Masa PSBB

momobil.id – Pengemudi harus tetap waspada ketika bepergian kemana saja, baik siang ataupun malam. Terlebih ketika melewati jalan yang sepi, dimana modus kejahatan bisa saja terjadi ketika melewati area yang sepi. Ketika masa PSBB, tentunya banyak area yang menjadi sepi akibat pembatasan aktivitas masyarakat di luar rumah. Berikut adalah tips aman saat berkendara di area yang sepi.

Hindari Turun Dari Mobil Sembarangan

Jika sedang menyetir sendiri, hindari turun dari mobil sembarangan. Hal ini mengingat modus kriminal yang menyerang kendaraan roda empat sudah banyak. Pastikan untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum bepergian agar terhindar dari mogok di jalan. Selain itu, jika kondisi mengharuskan mobil untuk berhenti, maka carilah tempat yang aman seperti pom bensin, warung, restoran, atau tempat yang ramai yang menyediakan toilet.

Jika ada orang yang berusaha untuk minta tolong dengan menghentikan mobil, maka teruslah berkendara dan tidak berhenti. Hal ini tentunya berbahaya jika kita berkendara sendirian, apalagi modus kejahatan mulai beragam.

Simpan Nomor Telepon Polisi Terdekat

Jika terjadi hal yang membahayakan, atau yang tidak diinginkan, maka pengemudi bisa menghubungi nomor polisi terdekat atau pihak berwajib. Oleh karena itu penting bagi pengemudi untuk menyimpan nomor telepon polisi sebelum bepergian. Hal ini bisa mengantisipasi jika ada pelaku kriminal melakukan aksi kejahatannya. Polisi dapat datang tepat waktu bila cepat dihubungi. Tidak lupa untuk menghubungi keuarga dahulu sebelum melakukan perjalanan ke tempat yang dituju.

Baca Juga : Usir Jenuh, Ini 6 Rekomendasi Film Tentang Mobil

Hindari Melewati Jalan Saat Sepi

Terkadang kita tidak dapat mengetahui apakah rute yang dituju sepi atau ramai. Namun, jika sudah mengetahui kapan waktu jalan tersebut sepi atau ramai, sebaiknya hindari melewati jalan pada waktu jalan tersebut sepi. Jika hari sudah malam dan akan melewati jalan yang sepi, sebaiknya akan lebih baik bila mencari sebuah penginapan atau hotel. Hal lain yang dapat dilakukan adalah menunggu kendaraan lain untuk melintas melewati jalan tersebut. Bisa juga mengajak jalan-jalan teman dan saudara untuk menemani perjalanan. Hal ini dapat mencegah kejadian yang tidak diinginkan ketika sedang melewati jalan yang sepi.



Kembali ke atas