Tips Aman Menghadapi Bus yang Ugal-ugalan di Jalan Raya

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 21 December 2020

Tips Aman Menghadapi Bus yang Ugal-ugalan di Jalan Raya

momobil.id – Ketika sedang berkendara, ada potensi menghadapi berbagai macam kondisi jalan. Tak sekedar kondisi dari jalan raya itu sendiri, namun juga potensi bertemu pengendara lain yang perilakunya membuat tidak nyaman seperti bus yang ngebut di jalanan. Jika kebetulan bertemu bus yang mengemudi secara ugal-ugalan di jalan, ada beberapa tips aman yang perlu diketahui pengemudi.

Menurut Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana, jika kebetulan bertemu dengan bus ugal-ugalan, lebih baik mengalah.

“Di jalan raya kadang kita mengedepankan ego, cari siapa yang lebih benar. Tapi kalau kebenaran tersebut harus dibayar dengan kecelakaan yang menyebabkan cedera, lebih baik mengalah,” ucap Sony kepada Kompas.com.

Sony mengatakan, jika memaksa tidak mengalah dengan kendaraan besar, tidak ada untungnya. Biarkan petugas yang berwenang yang menindak. Kalau ada kamera, boleh direkam sebagai bukti untuk dilaporkan.

Saat bertemu bus yang ugal-ugalan, ada empat hal yang harus dipahami pengemudi. Pertama pengemudinya kejar setoran dan bahkan bisa jadi kurang istirahat. Lalu kondisi kendaraannya belum tentu terawat.

“Kendaraan yang tidak terawat tadi bisa saja kondisi rem dan jarak berhenti saat mengerem panjang, sehingga potensi gagal rem besar,” kata Sony. Ketiga, bus yang kebut-kebutan dan selap-selip itu punya body roll dan oversteer yang besar, sehingga sering menyenggol kendaraan yang ada di dekatnya.

Baca juga: Bukan Kurangi Tekanan Angin Ban, Perhatikan Hal Ini ketika Hujan

Karena itu, lebih baik mengalah dan menjaga jarak aman. Terakhir, fatalitas saat terlibat kecelakaan dengan bus itu tinggi. Mengingat beban bus yang sangat berat, momentum jika tertabrak bus tentu saja besar, kendaraan bisa ringsek.

Nah, itu tadi tips aman berkendara jika bertemu bus yang ugal-ugalan di jalan. Tetap patuhi peraturan lalu-lintas dan jaga jarak aman dengan kendaraan di depan.

Sumber gambar: The Financial Express


Kembali ke atas