Tips Aman Mengurangi Blind Spot saat Mobil Mundur

Ditulis oleh : admin | 24 January 2022

Tips Aman Mengurangi Blind Spot saat Mobil Mundur

momobil.id – Perlu ekstra hati-hati saat mengendarai mobil, karena banyak sekali titik buta atau blind spot yang apabila diabaikan dapat berakibat fatal yaitu kecelakaan. Jangkauan jarak pandang dari sisi kanan, kiri dan belakang yang sempit akan menjadikan pengguna kendaraan kesulitan melihat situasi. Salah satu komponen yang dapat membantu meminimalisir blind spot adalah kaca spion. Namun, kaca spion tidak sepenuhnya dapat mengurangi blind spot ketika mobil bergerak mundur. Bagaimana cara mengatasinya?

Salah satu faktor penyebab adanya blind spot adalah dimensi dan muatan kendaraan. Selain itu, mobil dengan pilar penyangga atap yang berukuran tebal juga dapat menghalangi pandangan pengemudi. Meskipun demikian, blind spot antara satu jenis mobil dengan mobil lainnya berbeda, namun ada hal yang harus diperhatikan, terutama saat mobil bergerak mundur.

Saat mobil mundur, tentunya pengemudi menemukan banyak sisi yang tidak terlihat. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengatur spion mobil terlebih dahulu. Atur posisi spion ke sisi yang diinginkan. Perlu dicatat bahwa mobil harus dalam keadaan diam ketika mengatur kaca spion. Ketika pengemudi menggunakan mobil kecil dalam posisi normal lurus, arahkan kepala dan badan ke belakang. Tangan kanan harus memegang setir, dan tangan kiri diletakan pada jok penumpang. Untuk mengatur kendaraan, letakan tangan kanan di arah jam 11 pada setir mobil.

Baca Juga: Pentingnya Mengatur Spion Mobil Sebelum Berkendara

Mengurangi Blind Spot saat Mundur dengan Kendaraan Besar

Apabila pengemudi mengendarai kendaraan besar, seperti truk, atau kendaraan lainnya, maka ada baiknya membutuhkan pertolongan dari orang lain. Di Amerika Serikat, ground guide. tukang parkir/ helper dibutuhkan untuk membantu pengemudi dalam memarkirkan kendarannya. Helper akan mengarahkan pengemudi kendaraan yang besar ketika kendaraan mundur. Ketika helper bergerak ke kanan atau ke kiri dan pengemudi tidak melihat, maka disarankan untuk memberhentikan kendaraan terlebih dahulu. Ketika helper mulai terlihat, maka ikuti instruksi dari helper.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas