Tips Bagi Pemilik Usaha Rental Mobil Menghindari Modus Penggelapan: Tak Cukup Modal KTP dan SIM

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 10 June 2024

Tips Bagi Pemilik Usaha Rental Mobil Menghindari Modus Penggelapan: Tak Cukup Modal KTP dan SIM

momobil.id – Peristiwa bos pemilik usaha rental mobil diamuk massa hingga tewas di daerah Sukolilo, Pati, Jawa Tengah ketika hendak mengambil kembali mobilnya sendiri menjadi sorotan publik. Lalu, seperti apa tips aman menjalankan bisnis rental mobil?

Sebagai informasi, peristiwa pengeroyokan yang berujung tewasnya bos pemilik usaha rental mobil asal Jakarta berawal saat korban (BH) bersama tiga rekannya berupaya mengambil mobil yang hilang.

Mobil ini terlacak di daerah Pati, dan kemudian datang kesana menggunakan Daihatsu Sigra untuk mengambil balik mobilnya. Korban BH menemukan mobilnya terparkir di rumah milik tersangka AG.

BH menggunakan kunci cadangan dan langsung membawa mobil miliknya. Sedangkan tiga rekannya menumpang mobil Sigra. Namun kemudian, warga yang curiga berteriak ‘maling’ hingga kmeudian memancing warga lain melakukan pengejaran.

Empat orang ini kemudian dikeroyok hingga babak belur. Nahasnya, BH meninggal dunia akibat pengeroyokan tersebut. Sedangkan tiga rekan BH mengalami luka-luka.

Bagi pemilik bisnis rental mobil, tentu tak ingin mengalami kejadian serupa. Guna menghindari kejadian seperti ini, ada beberapa tips yang mungkin bisa dipertimbangkan oleh pemilik bisnis rental mobil.

Hal pertama adalah menerapkan aturan ketat terkait prosedur penyewaan pada calon konsumen. Terutama bila konsumen ingin menyewa mobil lepas kunci.

Bila ingin sewa mobil lepas kunci, maka langkah prefentifnya konsumen tak bisa hanya meninggalkan KTP dan SIM. Hal ini dinilai masih terlalu riskan bagi pemilik rental mobil.

Agar lebih aman, pemilik rental perlu melakukan profiling atau memeriksa latar belakang calon konsumen. Background yang diperiksa meliputi tempat tinggal, tempat kerja, nomor ponsel, hingga akun media sosial.

Jika saat profiling ada hal yang dirasa ganjil, maka bisa menjadi pertimbangan pemilik rental untuk tak mengizinkan sewa mobil.

Baca juga: Update Harga Mobil Sigra Baru Semua Varian Mei 2024: Paling Murah Gak Sampaiā€¦

Selain melakukan profiling calon konsumen, tips lain yang tak kalah penting adalah memasang GPS pada mobil. Sebaiknya, minimal pasang dua unit GPS pada mobil. Sehingga jika ada satu GPS diputus oleh konsumen tak bertanggung jawab, maka masih bisa dilacak keberadaan mobilnya.

Dan tips terakhir, lakukan survei tempat tinggal atau kantor/tempat kerja calon konsumen. Pada survei ini, bisa dinilai juga kelayakannya apakah calon konsumen berisiko atau tidak sebelum memutuskan memberikan layanan rental mobil.

mobil terkait

Rp 130.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 232.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 118.000.000

Individu

JEMBER

Rp 198.000.000

Individu

JEMBER

Rp 230.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 195.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas