Tips Belajar Mengemudikan Mobil untuk Wanita

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 30 May 2020

Tips Belajar Mengemudikan Mobil untuk Wanita

momobil.id – Mobil merupakan salah satu pilihan favorit masyarakat ketika mengendarai kendaraan pribadi. Karena lebih nyaman, moda transportasi ini menjadi pilihan banyak orang baik pria maupun wanita. Bagi wanita yang ingin menjadikan mobil sebagai transportasi harian, ada baiknya mengetahui beberapa tips menyetir mobil agar aktivitas berkendara menjadi lebih nyaman.

Tips pertama menyetir mobil bagi wanita adalah mulai membiasakan diri dengan suasana mengemudi. Bagi yang tak terbiasa duduk di pengemudi, tentu rasanya berbeda dibanding duduk di bangku penumpang.

Terutama bagi yang baru belajar mengemudi, sebaiknya pelajari dulu berbagai komponen di ruang kemudi mulai dari cara menghidupkan dan mematikan mesin mobil, menggunakan lampu sein, lampu dekat dan lampu jauh, menggunakan wiper, hingga membiasakan letak kaki ketika akan menekan pedal gas atau rem, dan pedal kopling untuk mobil manual.

Tips kedua, minta dampingi orang yang sudah mahir atau terbiasa mengemudi. Biasanya, tempat pertama yang bisa dipilih untuk belajar mengemudikan mobil adalah lapangan atau area kosong yang cukup luas. Jika sudah lancar berputar-putar di lapangan, coba juga untuk mundur, belok kiri, belok kanan, sampai terbiasa.

Tips ketiga, mulai mengemudi di jalanan yang lebih ramai atau stop and go di tanjakan. Pada tahapan ini, tentu dibutuhkan keberanian dan kepercayaan diri agar bisa melewatinya dengan mudah. Kunci utamanya jangan panik dan tetap tenang agar semua yang sudah dipelajari berjalan dengan lancar.

Baca juga: Penyebab Ban Mobil Cepat Botak dan Cara Mengatasinya

Adapun jika sudah benar-benar lancar mengemudi, pengemudi wanita juga sebaiknya mengetahui cara menggunakan peralatan standar yang biasanya sudah tersedia pada mobil. Misalnya seperti cara menggunakan dongkrak hingga melepas baut ban mobil. Hal ini penting jika seandainya mobil yang dikendarai kempes atau mengalami ban pecah, sehingga bisa mengganti sementara ban yang rusak dengan ban cadangan secara mandiri.



Kembali ke atas