Tips Belajar Mobil Transmisi Manual agar Mesin Tak Bolak Balik Mati

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 31 October 2020

Tips Belajar Mobil Transmisi Manual agar Mesin Tak Bolak Balik Mati

momobil.id – Ketika baru pertama kali belajar mobil dengan transmisi manual, salah satu kendala yang dihadapi pemula adalah memahami momentum ketika mengangkat pedal kpling dan menginjak gas. Ada beberapa tips yang bisa dicoba ketika belajar mobil manual agar mesin tidak bolak balik mati mendadak atau engine stall.

Tips pertama ketika belajar mobil manual adalah rutin berlatih merasakan feeling ketika mengangkat kopling, sembari menambah tekanan pada pedal gas. Bagi pemula, sebaiknya jangan terlalu cepat mengangkat pedal kopling karena ada kemungkinan mesin mati jika momentumnya tidak pas saat menginjak gas.

Sebagai permulaan, pemula bisa memulainya dengan menginjak pedal kopling secara maksimal, kemudian masukkan gigi 1. Sebelum melepas pedal kopling, injak pedal gas secara perlahan, yang dibarengi dengan melepas pedal kopling secara perlahan juga.

Ketika mobil sudah berjalan, secara perlahan coba oper ke gigi 2. Setelahnya, coba berhenti dengan menginjak pedal kopling dan rem lalu kembalikan gigi ke posisi netral, atau gigi 1. Lalu, mulai dari awal menggerakkan mobil dari gigi 1. Lakukan ini berulang kali sembari belajar mengendalikan setir hingga mendapatkan feel mengemudi yang tepat.

Baca juga: Mobil Mesin Bensin Bakal Sulit Hidup Jika Minum Solar, Ini Sebabnya

Jika sudah mendapatkan feel yang tepat, mulai berlatih membiasakan diri dengan berbagai alat bantu di mobil seperti penggunaan spion. Ketika ingin pindah jalur, berbelok, atau berjalan mundur, manfaatkan spion di kiri kanan serta spion tengah. Sebaiknya ketika sedang berlatih, bawa mobil ke lapangan yang luas hingga benar-benar lancar mengemudikannya.

Adapun porsi latihan bisa ditambah sesuai dengan tingkat kemahiran. Jika sudah lancar mengemudikan mobil manual, bisa ditambah dengan berlatih stop and go di tanjakan, parkir paralel, atau parkir di tempat yang memiliki ruang terbatas.


Kembali ke atas