Tips Berburu Mobil Bekas di Balai Lelang Bagi Perorangan

Ditulis oleh : redaksi | 10 February 2020

Tips Berburu Mobil Bekas di Balai Lelang Bagi Perorangan

momobil.id – Balai lelang mobil adalah tempat pelelangan resmi untuk kendaraan roda empat. Harga yang ditawarkan bisa jauh lebih rendah dari harga pasaran dengan jenis barang yang sama. Hanya saja, banyak orang yang mengira bahwa hanya pemborong dalam jumlah besar saja yang dapat mengikuti pelelangan.

Hal tersebut agak keliru. Karena perorangan juga bisa mengikuti pelelangan di balai lelang mobil. Jika hendak membeli mobil bekas, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan di balai lelang? Berikut penjelasannya.

Memahami prosedur lelang

Pahamilah prosedur pelelangan. Supaya nantinya tidak canggung saat berada di lokasi pelelangan, cari tahu sebanyak mungkin informasinya. Belakangan ini, berbagai informasi mengeni prosedur pelelangan bisa ditemukan di dunia maya. Selain prosedur, jangan lupa mencari jadwal lelang dan tempatnya.

Memilih kendaraan

Pilihlah kendaraan yang Anda inginkan dari katalog mobil bekas yang biasanya diterbitkan oleh balai lelang mobil. Katalog bisa diakses melalui selebaran yang disediakan di balai lelang maupun secara online. Di dalam katalog, tersedia informasi lengkap mobil bekas yang dilelang berupa spesifikasi hingga kelengkapan dokumen yang dimiliki, serta kontak telepon.

Periksa kendaraan

Tips selajutnya adalah periksalah mobil yang hendak Anda beli. Pemeriksaan mobil dapat dilakukan tiga hari sebelum waktu pelelangan atau biasa disebut open house. Tahap ini penting, agar nantinya Anda  tidak kecewa setelah mendapatkan mobilnya.

Penyedia jasa biasanya mengizinkan Anda menyalakan mobil, sehingga dapat mengetahui kondisi mesin. Periksalah mobil yang hendak dibeli secara menyeluruh. Hal ini dikarenakan unit yang ditawarkan penyedia layanan lelang umumnya memiliki kondisi apa adanya, beda dengan jika kita membeli di dealer mobil bekas yang biasanya akan mereka perbaiki dahulu jika terjadi kerusakan.

Periksa riwayat perbaikan

Periksalah riwayat perbaikan mobil kepada petugas. Hal ini penting agar Anda mengetahui kualitas mobil yang hendak dibeli. Selain itu, dengan melihat riwayat perbaikan, Anda dapat mengetahui dan mengantisipasi risiko apa saja yang terjadi jika tetap membelinya.

Periksa dokumen

Tips selanjutnya, periksalah kelengkapan dokumen. Penjelasan tentang kelengkapan dokumen sebenarnya sudah tertulis di katalog, seperti BPKB dan STNK. Namun, Anda harus memastikannya kembali dengan cara melihat dokumen secara langsung atau melalui laman resmi penyedia jasa. Penyedia layanan sendiri akan terbuka untuk membantu Anda.

Baca Juga: Cari Mobil Sedan Murah? Berikut Lima Rekomendasinya

Selain tips di atas, ada baiknya tidak terlalu bernafsu untuk mendapatkan mobil bekas yang diinginkan. Jangan karena sangat ingin sekali, lalu menawar suatu barang dengan harga yang terlalu tinggi dibanding harga pasaran.(Dwi Septi)

Sumber gambar: Shutterstock


Kembali ke atas