Tips Berkendara Aman Bersama Anak dengan Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 20 May 2020

Tips Berkendara Aman Bersama Anak dengan Mobil

momobil.id – Berkendara bersama anak menjadi suatu tantangan bagi para orang tua, terutama ketika anak yang dibawah masih kecil. Para orang tua perlu memperhatikan keamanan dan kenyamanan anak-anaknya dalam perjalanan, terutama saat perjalanan jauh. Oleh karena itu, ada beberapa tips bagi orang tua agar berkendara bersama anak menjadi lebih nyaman dan aman.

Gunakan Car Seat Bagi Anak Dibawah 6 Tahun

Seat belt pada mobil belum dapat melindungi tubuh anak dibawah 6 tahun, oleh karena itu gunakan Car Seat. Pada saat menggunakan car seat, usahakan tali terkait sampai bunyi klik. Hal ini tentunya sangat berguna ketika kendaraan mengalami benturan atau guncangan. Jika posisi kaki anak sudah mencapai lantai mobil, maka anak tidak membutuhkan car seat. Saat itu merupakan saat anak untuk menggunakan seat belt layaknya orang dewasa.

Perhatikan Posisi Duduk Anak

Saat mengajak anak berkendara, usahakan anak duduk di posisi yang aman. Tempatkan anak pada bagian tengah mobil dan duduk di belakang. Hal ini tentunya membantu untuk melindungi anak apabila terjadi benturan dari depan mobil. Tubuh anak kecil rentan terpental saat mobil mengalami benturan, baik dari depan maupun belakang. Apabila anak ingin duduk didepan, katakanlah bahwa dirinya istimewa, sehingga perlu duduk di belakang.

Gunakan Sabuk Pengaman

Sabuk pengaman sangat penting bagi anak berumur 6-13 tahun. Oleh karena itu, orang tua harus mengajari anak-anaknya untuk memakai sabuk pengaman. Sabuk pengaman harus melintang pada perut dan dada. Disarankan untuk anak-anak mengulangi praktek penggunaan sabuk pengaman agar hal ini menjadi suatu kebiasaan bagi mereka. Untuk meningkatkan kebiasaan anak, orang tua juga harus memberikan contoh yang baik dengan menggunakan sabuk pengaman setiap berkendara.

Baca Juga : Tips Mengemudi City Car agar Lebih Nyaman Selama Berkendara

Hati-Hati dengan Jendela

Anak kecil cenderung bosan dan tidak bisa diam ketika berada di dalam mobil. Hal yang berbahaya adalah ketika anak kecil mulai mengeluarkan kepala dan tangannya saat mobil sedang berjalan. Oleh karena itu, pastikan kaca terkunci dengan benar, sehingga anak tidak bisa membukanya. Ini tentunya sangat penting untuk keselamatan anak.

Sediakan Cemilan dan Mainan untuk Anak

Anak akan cepat bosan jika tidak melakukan apa-apa ketika dalam perjalanan. Oleh karena itu, orang tua perlu memberikan anak makanan, minuman, dan mainan selama di berkendara. Dengan makanan, minuman, dan mainan, anak akan selalu mempunyai kegiatan ketika dalam perjalanan. Hal ini juga berpengaruh baik bagi orang tua, dimana bisa berkonsentrasi menyetir tanpa ada gangguan dari anak.



Kembali ke atas