Tips Cara Menggunakan APAR yang Ada pada Mobil

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 20 January 2021

Tips Cara Menggunakan APAR yang Ada pada Mobil

momobil.id – Sebagai bagian dari penunjang keselamatan, mulai tahun 2021, mobil keluaran terbaru akan dilengkapi dengan alat pemadam api ringan (APAR). Lantas bagaimana cara penggunaannya? Berikut tips cara menggunakan APAR yang terdapat pada mobil keluaran terbaru.

Kebijakan baru tersebut mengacu pada Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor yang sudah disahkan pada 18 Februari 2020 yang lalu.

Peraturan kewajiban APAR pada mobil baru, disebutkan pada Pasal 2 yang berbunyi:

(2) Kendaraan bermotor untuk kategori M1, N1, N2, N3, O1, O2, O3, dan O4 untuk mobil penumpang, mobil barang landasan mobil penumpang, dan landasan mobil barang wajib dilengkapi fasilitas tanggap darurat berupa alat pemadam api ringan.

Ilustrasi APAR
Ilustrasi APAR

Baca juga: Mobil Tiba-tiba Terbakar, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Untuk cara penggunaannya sebenarnya cukup mudah. Cukup tarik kunci pengaman atau segel. Pegang bagian ujung selang dan arahkan selang ke sumber api. Kemudian tekan tuas dan kibaskan ujung selang pada sumber api secara perlahan sampai api benar-benar padam.

Namun, ada hal yang penting untuk diperhatikan saat memadamkan api pada mobil yang terbakar. Yang pertama adalah arah angin. Memadamkan api dengan melawan arah angin justru bisa memperbesar kobaran api dan kemungkinan merembet ke bagian lain juga semakin besar. Oleh karena itu, sebaiknya saat memadamkan api dianjurkan untuk membelakangi arah angin.

Itu tadi beberapa tips cara menggunakan APAR saat mobil terbakar. Yang terpenting saat mengalami kejadian tersebut adalah tetap tenang dan jangan panik. Namun, alangkah baiknya jika kita sering mengecek kondisi mobil agar hal-hal yang tidak diinginkan seperti mobil terbakar bisa dihindari.

Sumber gambar: procarreviews.com


Kembali ke atas