Mobil Lama Parkir di Garasi Sebaiknya Isi Penuh Tangki BBM, Ini Sebabnya

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 24 September 2020

Mobil Lama Parkir di Garasi Sebaiknya Isi Penuh Tangki BBM, Ini Sebabnya

momobil.id – Saat mobil lama terparkir di rumah, pemilik kendaraan disarankan mengisi tangki bahan bakarnya hingga penuh. Ada sebabnya mengapa pemilik mobil sebaiknya mengikuti tips isi tangki bensin sampai penuh.

Alasan mengapa mobil yang lama tak digunakan diisi penuh tangkinya yakni untuk mencegah terjadinya pengembunan yang bisa menyebabkan kualitas bahan bakar menjadi tidak sesuai. Jika tangki bahan bakar memiliki banyak ruang kosong, maka embun yang menguap di dalam tangki akan menjadi air. Air ini yang kemudian bercampur dengan bahan bakar dan menyebabkan mesin tak mampu bekerja maksimal.

Gejala yang bisa dikenali adalah mesin menjadi brebet dan bisa sampai mati apabila kadar air yang tersedot pompa bahan bakar cukup banyak. Di sisi lain, mencegah pengembunan juga upaya menghindari permukaan bagian dalam timbul berkarat. Apabila tangki bensin mobil memiliki banyak ruang kosong, maka tips yang paling tepat adalah segera isi supaya aman dan tangki tidak karatan.

Adapun mengisi tangki bahan bakar hingga penuh juga merupakan salah satu tips mencegah bahan bakar menjadi basi. Mengisi penuh tangki bisa buat bensin tak basi karena hanya akan ada sedikit ruang yang tersisa untuk udara dan kemungkinan kondensasi di dalamnya bisa diminimalisir. Sangat disarankan juga untuk tidak memarkirkan kendaraan di luar ruangan yang secara langsung terkena sinar matahari. Karena hal itu akan membuat proses kondensasi semakin cepat.

Baca juga: Bukan Produk yang Sama, Ini Perbedaan Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport

Untuk mengenali apakah bahan bakar tersebut sudah basi atau belum, bisa dilihat dari warna bahan bakar yang akan menjadi keruh. Penurunan kualitas bahan bakar ini akan terjadi secara bertahap, sekitar 30 hari bahan bakar akan berubah kualitasnya. Jika sudah terlanjur basi, maka pemilik kendaraan sebaiknya menguras tangki bahan bakarnya guna menghindari datangnya penyakit mobil yang lebih berat.


Kembali ke atas