Cara Merawat Wiper agar Tetap Optimal ketika Musim Hujan

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 1 October 2020

Cara Merawat Wiper agar Tetap Optimal ketika Musim Hujan

momobil.id – Wiper mobil merupakan komponen penting yang akan sering digunakan ketika berkendara di musim hujan. Karenanya, pemilik mobil perlu cek wiper bagian depan maupun belakang guna memastikan komponen tersebut masih dalam kondisi baik dan siap digunakan.

Memeriksa atau cek wiper bagian depan dan belakang mobil tidaklah sulit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik mobil agar fungsi wiper tetap berjalan normal. Berikut beberapa tip yang bisa dicoba seperti dilansir Kompas.com.

Cek karet wiper

Karet wiper merupakan bagian penting karena mempengaruhi kinerja wiper ketika menyapu air. Karet wiper yang kondisinya sudah getas, tak akan mampu menyapu air secara maksimal. Karena itu, beberapa pabrikan menganjurkan untuk mengganti karet wiper setiap enam bulan sekali. “Karet wiper itu termasuk komponen yang tidak terindungi karena letaknya di luar. Sehingga bisa saja berbah menjadi keras atau getas,” ujar Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi.

Baca Juga: Segera Service Mobil Jika Sudah Menunjukkan Gejala Seperti Ini

Angkat posisi wiper

Jika mobil parkir di luar ruangan selama berhari-hari, angkat posisi wiper agar karet wiper tidak melengkung. Bambang pun menyarankan agar menghindari parkir di bawah sinar matahari langsung.

Semprot antikarat

Karena terpapar langsung dengan kondisi cuaca seperti hujan dan sinar matahari, hal ini bisa menyebabkan komponen wiper berkarat, terutama di bagian engsel. Membiarkan karat tentu akan mempengaruhi kinerja wiper. Karena itu, Bambang menyarankan menyemprotkan cairan antikarat atau pelumas pada porosnya.

Bersihkan kaca dan karet wiper

Bila melihat kaca mobil berdebu, jangan menggunakan wiper karena dapat merusak karet wiper itu sendiri. Sebaiknya bersihkan kaca mobil dan karet wiper dari debu yang menempel dengan lap basah atau siram dengan air.


Kembali ke atas