Tips Memasang Roof Rack agar Atap Mobil Tidak Rusak

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 17 May 2020

Tips Memasang Roof Rack agar Atap Mobil Tidak Rusak

momobil.id – Jika bagasi mobil terasa kurang cukup untuk menampung semua barang bawaan, beberapa orang memilih menjadikan atap mobil sebagai bagasi ekstra. Caranya dengan memasang roof rack di bagian atap. Meski begitu, memasang roof rack tak boleh asal. Ada beberapa tips memasang roof rack agar atap mobil tidak cepat rusak.

Ketahui beban maksimal

Langkah pertama yang wajib dilakukan sebelum memasang roof rack adalah mengetahui beban maksimal yang dapat ditampung. Hal ini merupakan salah satu hal yang paling sering luput dari pemilik mobil. Karena roof rack punya kapasitas yang cukup besar dapat berpengaruh terhadap kondisi struktur atap mobil. Roof rack yang terlalu berat akan membuat atap mobil penyok.

Hal ini belum termasuk bagaimana bobot tersebut mempengaruhi stabilitas mobil. Ketika ada bobot yang terlalu besar di atap, mobil dapat mudah terpental saat menikung tajam. Akibatnya, mobil mudah terbalik. Cara yang mudah untuk mengetahui beban maksimal yang dapat ditampung adalah mengurangi gross weight dengan curb weight, kemudian kurangi dengan perkiraan total beban penumpang. Angka itulah yang dapat dimanfaatkan untuk memilih ukuran roof rack.

Bentuk roof rack

Tips memasang roof rack berikutnya yakni menyesuaikan bentuk roof rack dengan bentuk body mobil. Bentuk roof rack akan mempengaruhi aerodinamika mobil saat melaju kencang. Bila tidak sesuai, mobil jadi mudah goyang dan membahayakan pengendara. Semakin rendah roof rack semakin tinggi dukungan aerodinamikanya. Namun hal itu juga mempengaruhi kapasitas barang.

Sudah ada roof rail

Penting untuk memastikan bahwa sudah tersedia roof rail di atas atap mobil. Bila sudah ada roof rail, maka tidak perlu khawatir. Namun bila mobil belum punya roof rail, pastikan agar rail terpasang dengan sempurna di atap. Pasalnya, celah sekecil apapun dapat membuat air masuk ke dalam kabin. Hal ini tentu membuat interior jadi mudah rusak.

Baca juga: Perbedaan Mobil MPV, SUV, dan Crossover yang Perlu Kamu Ketahui

Adapun roof rack untuk mobil cukup bervariasi baik dari sisi harga maupun modelnya. Untuk varian harga, roof rack mobil ada yang dibanderol mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Harga tersebut tergantung dari jenis mobilnya, dan pilihan bahannya. Bahan yang paling murah untuk roof rack adalah plastik, sedangkan yang lebih mahal ada yang menggunakan bahan besi maupun alumunium.

Sumber gambar: 4x4sintannaland.nl


Kembali ke atas