8 Tips Membawa Bayi Saat Perjalanan Jauh dengan Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 29 December 2022

8 Tips Membawa Bayi Saat Perjalanan Jauh dengan Mobil

momobil.id – Membawa bayi saat bepergian jauh tentu membutuhkan perhatian khusus dan tidak boleh sembarangan. Agar perjalanan tidak melelahkan, tentu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika hendak membawa bayi. Berikut ini merupakan 8 tips membawa bayi saat perjalanan jauh dengan mobil.

1. Menentukan Jadwal Perjalanan

Perjalanan yang jauh dengan bayi tentunya memerlukan waktu yang cukup banyak. Waktu tentunya akan terkuras untuk mengurusnya secara khusus, seperti mengganti popok dan istirahat. Perjalanan yang tiada henti tentu dapat membuat bayi rewel.

Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan, tentukan terlebih dahulu jadwal perjalanan. Buatlah rencana perjalanan apabila sesuatu tidak berjalan dengan lancar.

2. Menggunakan Baby Seat

Tips utama membawa bayi saat perjalanan jauh dengan mobil adalah menggunakan baby seat. Baby seat merupakan jok khusus untuk bayi saat berada di dalam mobil. Jok ini memberikan kenyamanan bagi bayi saat duduk, sehingga bayi tidak mudah lelah.

Apabila diposisikan dengan benar, baby seat mampu meredam guncangan dari mobil dan melindungi tubuh bayi jika terjadi kecelakaan. Meskipun demikian, bukan berarti bayi ditinggal begitu saja setelah didudukan di baby seat. Orang tua harus tetap harus memperhatikan dan menemani bayi saat perjalanan.

3. Menyiapkan Perlengkapan Bayi

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan untuk menyiapkan wadah khusus yang memuat kebutuhan untuk buah hati. Hal ini dilakukan agar bayi tetap merasa nyaman dan aman. Perlengkapan bayi yang dibawa sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan. Berikut merupakan perlengkapan yang bisa dibawa.

  • Popok
  • Botol susu
  • Baju ganti
  • Mainan
  • Bantal bayi
  • Selimut
  • Peralatan makan
  • Pompa asi
  • Obat-obatan
  • Tisu kering dan tisu basah
  • Perlengkapan mandi untuk bayi
  • Stoler praktis
  • Gendongan atau ransel bayi

4. Menemani Bayi di Sebelahnya

Meskipun bayi sudah duduk dengan nyaman, orang tua harus tetap menemani dan mengontrol bayi secara rutin selama perjalanan. Duduk di sebelah bayi tentu akan memudahkan orang tua untuk mengontrol, mengganti popok, serta memberi makan dan minum jika dibutuhkan. Selain itu, orang tua juga perlu mengajak bayi bermain agar tidak merasa bosan.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Baby Car Seat untuk Bayi yang Baru Lahir

5. Buat Suasana Nyaman di Mobil

Agar bayi tetap merasa aman dan nyaman dalam kabin, orang tua perlu membuat suasana kabin mobil senyaman mungkin. Orang tua bisa mengatur AC mobil dengan suhu layaknya kamar bayi. Selain itu, orang tua juga bisa menambahkan minyak aroma terapi dalam kabin mobil.

Supaya bayi merasa lebih nyaman, orang tua juga bisa meletakkan selimut, bantal, boneka, dan mainan favorit bayi di dalam kabin. Hal ini dilakukan agar bayi tidak rewel selama perjalanan.

6. Beristirahat Secara Teratur

Perjalanan yang jauh tentu dapat melelahkan orang tua dan bayi. Oleh karena itu, waktu istirahat sangat diperlukan. Lakukan istirahat secara teratur setiap 2 hingga 3 jam perjalanan saat siang hari, atau 4 hingga 6 jam perjalanan saat malam hari. Gunakan waktu istirahat untuk mengganti popok bayi atau menyusui.

7. Mengestimasi Waktu Perjalanan

Sebelum bepergian dengan bayi, merencanakan dan memprediksikan waktu lama perjalanan perlu diperlukan. Dengan mengestimasi waktu, orang tua dapat mengetahui durasi perjalanan serta kapan waktu untuk berisitirahat dan berhenti.

Jadwalkan waktu istirahat lebih sering apabila bayi sering buang air besaratau kecil. Selain itu, usahakan melakukan perjalanan saat jam tidur bayi agar bayi tidak rewel.

8. Bersikap Tenang

Setelah persiapan sudah selesai, orang tua sebaiknya tetap tenang saat berada di perjalanan. Rasa khawatir orang tua tentunya akan memicu rasa lelah. Apabila bayi rewel, hentikan kendaraan dan cari suasana baru agar bayi tidak bosan.

mobil terkait

Rp 601.150.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 331.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 309.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 275.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas