Empat Tips Membedakan Velg yang Asli dan Palsu untuk Mobil, Nomor Tiga Bisa Langsung Ketahuan

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 30 January 2024

Empat Tips Membedakan Velg yang Asli dan Palsu untuk Mobil, Nomor Tiga Bisa Langsung Ketahuan

momobil.id – Membedakan velg mobil yang asli dan palsu membutuhkan ketelitian. Namun sebenarnya membedakan kedua produk ini tidak begitu sulit jika mengetahui triknya.

Velg palsu untuk mobil biasanya memiliki banderol harga yang lebih murah dibanding original buatan produsen resmi. Harga ini sebanding dengan kualitasnya.

Sebagai perbandingan, velg palsu ring 17 harganya sekitar Rp5 jutaan. Sedangkan harga produk aslinya bisa mencapai Rp20 jutaan.

Namun harga ini bukan patokan utama. Karena ada juga pedagang yang menjual velg palsu setara dengan velg asli. Lalu, apa saja tips membedakan velg asli dan palsu untuk mobil ? Berikut ulasan selengkapnya.

Dimensi dan bobot

Velg yang asli memiliki ukuran dan bobot yang sama dengan spesifikasi yang dicantumkan produsen. Sedangkan dimensi dan ukuran velg palsu biasanya tidak presisi dengan ukuran yang ada di spesifikasi aslinya.

Garansi resmi

Velg asli selalu dilengkapi kartu garansi sebagai jaminan jika terjadi kerusakan. Di dalamnya juga terdapat sertifikat yang menjamin keasliannya.

Sementara velg palsu tidak memiliki jaminan dan sertifikat resmi, sehingga tidak ada masa garansi saat membelinya.

Nomor seri/kode produk

Nomor seri atau kode produksi berfungsi untuk melacak keaslian velg, kode tersebut biasanya hanya ada pada velg yang asli. Jika velg tersebut tidak dilengkapi nomor seri maka kemungkinan besar barang tersebut palsu.

Velg asli selalu dilengkapi dengan nomor seri yang bisa dilacak untuk mengecek status keasliannya. Jika nomor seri tidak terdaftar, artinya velg tersebut merupakan produk palsu.

Baca juga: Merek Ban Depan dan Belakang Tak Sama, Amankah Menggunakan Ban Mobil Beda Merek?

Perbedaan kualitas

Kualitas menjadi penilaian utama dalam membedakan antara velg yang asli dengan yang palsu. Kualitas velg palsu tentu lebih rendah karena proses pembuatannya menggunakan metode pengecoran.

Sementara velg yang asli dibuat dengan cara ditempa sehingga hasilnya jauh lebih bagus. Selain dari proses pembentukannya, kualitas velg original bisa dikenali melalui hasil finishing-nya.

Velg yang asli memiliki hasil finishing yang rapi dan mulus sedangkan velg yang palsu terkesan asal-asalan dan terlihat berantakan. Misalnya, ada bagian berlubang di bagian dalam permukaannya dan warna catnya berbeda dengan yang velg bawaan pabrik.

Detail kualitas finishing velg palsu memang tidak diperhatikan oleh pihak produsen mengingat harganya yang murah.

mobil terkait

Rp 177.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 277.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 137.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 168.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 120.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 90.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas