Tips Membeli Mobil Bekas di Atas 10 Tahun, Perhatikan 11 Hal ini!

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 9 October 2023

Tips Membeli Mobil Bekas di Atas 10 Tahun, Perhatikan 11 Hal ini!

momobil.id – Mobil bekas menjadi alternatif bagi sebagian masyarakat yang ingin membeli mobil dengan harga terjangkau. Di pasaran, tersedia berbagai jenis mobil bekas yang dapat dipilih sesuai dengan merek, jenis bodi, hingga tahun produksi. Semakin tua mobil bekas, maka harganya pun semakin murah. Namun, calon pembeli perlu berhati-hati ketika mengincar kendaraan yang umurnya sudah lebih dari 10 tahun. Berikut tips membeli mobil bekas di atas 10 tahun.

1. Periksa Bagian Eksterior dan Interior Mobil

Salah satu tips membeli mobil bekas dengan umur di atas 10 tahun adalah dengan memeriksa bagian eksterior dan interior. Mobil bekas yang sudah berumur tentu memiliki eksterior dan interior yang mulai menua. Cek kembali secara keseluruhan bagian tersebut.

Untuk bagian eksterior, pastikan cat mobil masih original dan tidak didempul atau cat ulang. Selain itu periksa juga kondisi rangka mobil dan pastikan tidak ada bekas tabrak atau perbaikan.

Sementara pada bagian interior, pastikan kondisi panel di dashboard, jok, dan material lainnya dalam kondisi bagus. Periksa pula komponen audio, AC, switch lampu, serta fitur keamanan pada bagian interior. Pastikan seluruh komponen bekerja dengan baik.

2. Cek Bagian Mesin, Pastikan Tidak Ada Kebocoran

Kondisi mesin tentu akan menurun seiring dengan lama waktu pemakaian. Oleh karena itu, bagian mesin wajib untuk diperiksa ketika hendak membeli mobil bekas dengan umur di atas 10 tahun. Pastikan kondisi mesin dalam kondisi prima dan tidak menghasilkan suara kasar atau getaran berlebih. Periksa juga komponen pada mesin dan pastikan tidak ada masalah atau kebocoran pada komponennya.

3. Cek Bagian Kelistrikan

Mobil memiliki komponen elektrikal yang cukup banyak. Apabila terjadi kerusakan, maka calon pembeli harus mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan. Oleh karena itu sebelum membeli mobil bekas, pastikan fungsi elektrikal pada mobil berjalan dengan baik. Periksa apakah lampu peringatan pada dashboard menyala atau tidak, seperti check engine atau airbag.

4. Pastikan Mobil Tidak Mengeluarkan Asap Pekat

Pemilik mobil juga bisa memeriksa kondisi mesin lewat knalpot mobil. Apabila knalpot mengeluarkan asap putih atau asap berwarna pekat, maka kondisi mesin dipastikan buruk dan biasanya mobil mengalami turun mesin. Selain itu, cek pula bagian dalam knalpot. Apabila warna knalpot hitam kering, maka mobil memiliki masalah pembakaran. Jika knalpot hitam basah, maka ada oli mesin yang terbakar.

5. Periksa Bagian Kaki-Kaki

Salah satu komponen penting yang wajib diperiksa pada mobil bekas berusia lebih dari 10 tahun adalah kaki-kaki. Konponen ini menahan bobot mobil selama lebih dari 10 tahun, baik ketika istirahat di garasi atau saat dipacu. Bagian yang perlu dicek adalah suspensi, shockbreaker, tie rod, ball joint, gardan, pelek, hingga bagian ban. Pastikan bahwa komponen yang disebutkan dalam kondisi bagus dan tidak mengalami keausan.

6. Periksa Komponen AC Kendaraan

Mobil bekas yang sudah berumur kemungkinan memiliki AC yang sudah tidak dingin. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memeriksa komponen AC saat hendak membelinya. Periksa bagian freon, kondensor, hingga evaporator AC dan pastikan berjalan dengan semestinya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Mobil Bekas untuk Pemula, Mana Pilihanmu?

7. Memastikan Suku Cadang Masih Tersedia di Pasaran

Selain memastikan kondisi mobil layak pakai, calon pembeli juga perlu memperhatikan ketersediaan suku cadang di pasaran. Mobil dengan umur di atas 10 tahun akan ada perbaikan dari segi mesin, transmisi, kaki-kaki, hingga interior. Oleh karena itu, pastikan suku cadang mobil tersebut masih tersedia.

8. Cek Kelengkapan Surat

Sebelum membeli mobil bekas, cek kelengkapan surat kendaraan seperti faktur, STNK, dan BPKB. Pastikan surat-surat dokumen kendaraan dalam keadaan lengkap. Saat melakukan pengecekan kendaraan, cocokan kembali surat-surat dengan nomor rangka dan mesin kendaraan.

9. Periksa Sejarah Perawatan Mobil

Kondisi mobil bekas, terutama yang sudah di atas 10 tahun, tentunya tidak seoptimal mobil baru. Selain mengecek kondisi kendaraan secara keseluruhan, periksa pula catatan servis mobil tersebut beserta tempat servisnya. Pilihlah mobil bekas dengan catatan servis yang lengkap, serta melakukan servis di bengkel resmi.

10. Lakukan Test Drive

Kondisi mobil baru dan bekas tentunya berbeda. Untuk mengetahui kondisi dari mobil bekas masih bagus atau tidak, maka lakukanlah test drive sebelum membeli. Saat melakukan test drive, pastikan kaki-kaki, rem, dan transmisi bekerja dengan baik. Sebab, pada umumnya kondisi rem dan transmisi mobil bekas yang berusia di atas 10 tahun sudah mulai usang.

11. Membeli Mobil Bekas di Tempat Terpercaya

Selain memeriksa kondisi mobil bekas, pemilik mobil juga bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas bagus di beberapa tempat terpercaya. Salah satu platform jual-beli mobil bekas dengan kualitas yang baik dan harga pas adalah momobil.id!

Momobil.id menghadirkan layanan jual beli mobil baru dan bekas yang mudah, cepat dan aman! Saat ini, momobil.id sudah dilengkapi dengan fitur baru untuk jual beli mobil bekas bergaransi dan bersertifikat, yaitu MomobilPro. CekĀ di siniĀ untuk info lebih lanjut ya!

mobil terkait

Rp 158.000.000

Individu

BANYUASIN

Rp 175.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 370.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 165.000.000

Individu

SIDOARJO

Rp 145.000.000

Individu

SIDOARJO


Kembali ke atas