Bersihkan Empat Bagian Ini agar Interior Mobil Selalu Terlihat Kinclong

Ditulis oleh : redaksi | 18 July 2020

Bersihkan Empat Bagian Ini agar Interior Mobil Selalu Terlihat Kinclong

momobil.id – Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu yang mempengaruhi kenyamanan di dalam mobil adalah kebersihan interior. Karenanya, selain bagian eksterior, bagian interior mobil pun harus diperhatikan juga. Sebagai tips membersihkan interior mobil, ada banyak bagian yang harus menjadi perhatian ketika mulai membersihkannya.

Bagian-bagian penting tersebut seperti jok, dashboard, plafon, maupun karpet mobil. Berikut tips membersihkan interior mobil di setiap bagian tersebut agar ruangan kabin tetap terasa nyaman ketika menempuh perjalanan.

Baca juga: Di Negara Ini, Plat Nomor Warna Kuning Bukan untuk Angkutan Umum

Jok mobil

Sebagai komponen penting di dalam mobil, tentu kebersihan jok mobil harus dibersihkan. Untuk jok berbahan dasar kulit, langkah pertama membersihkannya yakni dengan menyiapkan lap kain berbahan halus, plas chamois, kuas dengan bulu lembut, dan vacuum cleaner.

Usap jok dengan kain chamois yang telah dibasahi dan diperas, lalu semprotkan cairan pembersih ke jok mobil satu persatu. Ingat, jangan sampai sabun pembersih kering lebih dulu sebelum mengelapnya.

Sedangkan untuk jok beludru, bisa menyiapkan sikat dengan bulu halus, cairan pembersih khusus, lap kain halus, cairan khusus beludru dan vacuum cleaner. Proses pembersihan bisa dimulai dengan membersihkan kotoran yang ada di jok dengan kuas/vacuum cleaner. Lalu, semprot caira pembersih ke bagian jok yang kotor. Sikat perlahan dengan cairan pembersih, dan lap permukaan jok. Terakhir, keringkan.

Dashboard mobil

Cara membersihkan dashboard bisa dibilang sangat mudah. Cukup membersihkan debu yang menempel di dashboard dengan kemoceng, lalu semprotkan cairan pembersih ke bagian dashboard dan lap dengan menggunakan kain.

Plafon mobil

Meski jarang disentuh, kondisi plafon mobil juga lama kelamaan bisa kotor seiring waktu pemakaian. Karenanya, bagian ini juga harus dibersihkan guna menjaga kenyamanan ketika berkendara. Pertama, bisa gunakan sikat halus untuk membersihkan kotoran yang menempel di plafon. Setelahnya, gunakan lap yang telah disemprot dengan cairan pembersih interior. Jangan terlalu banyak menyemprotkan cairan pembersih ke lap yang digunakan agar plafon mobil tidak menjadi lembab dan berjamur.

Karpet mobil

Karpet mobil seringkali kotor karena berhadapan langsung dengan alas kaki. Belum lagi jika ada makanan tumpah. Jika karpet kotor, bisa dibersihkan dengan cara mengeluarkan karpet, lalu sikat dengan sikat halus agar kotoran terangkat. Kemudian semprotkan cairan pada karpet sampai noda bersih, diamkan sekitar lima menit, lap hingga bersih, dan terakhir, keringkan karpet.(Dwi Septi)


Kembali ke atas