Tips Membersihkan Karpet Mobil Berbahan Beludru

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 2 October 2020

Tips Membersihkan Karpet Mobil Berbahan Beludru

momobil.id – Karpet merupakan salah satu bagian interior yang mempengaruhi kenyamanan pengguna saat berada di dalam mobil. Karenanya, salah satu tips agar kenyamanan di dalam kabin tetap terjaga adalah rutin membersihkan karpet mobil.

Karpet mobil penting dijaga kebersihannya karena akan mempengaruhi kualitas udara di dalam kabin mobil. Karpet mobil sendiri memiliki beberapa jenis yakni yang menggunakan bahan beludru, karet, atau sintetis.

Tips membersihkan karpet mobil berbahan beludru bisa dimulai dengan mengeluarkan karpet dari mobil dan ditepuk-tepuk agar kotoran keluar dari serat fabric. Membersihkan karpet beludru disarankan menggunakan sikat dengan bulu yang lebih halus agar lapisan beludru tetap lembut.

Namun untuk karpet beludru kasar, disarankan untuk menggunakan sikat berbulu padat dan lebih keras. Sikat ini bisa membantu mengangkat debu dan kotoran ketika sedang membersihkan karpet mobil. Tidak hanya untuk karpet beludru, sikat juga dapat digunakan untuk membersihkan karpet kulit dan karet.

Jika pemilik kendaraan merasa karpetnya masih kurang bersih usai disikat dalam kondisi kering, bisa dilanjutkan dengan menyikatnya menggunakan sampo khusus mobil. Basahi karpet dengan air dan sikat di tempat yang dirasa terdapat noda yang agak sulit dibersihkan. Setelah dibersihkan, jemur karpet hingga benar-benar kering.

Baca juga: Ingin Jual Mobil Bekas Banjir? Harganya Bakal Anjlok Jadi Segini

Setelah karpet kering, proses pembersihan selanjutnya bisa menggunakan vacuum cleaner. Penggunaan vacuum cleaner bertujuan untuk memastikan tidak ada sisa debu maupun remah-remah lain yang tertinggal di karpet.

Sumber gambar: Shutterstock


Kembali ke atas