Cara Membersihkan Ruang Mesin agar Komponen Tetap Aman

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 27 April 2020

Cara Membersihkan Ruang Mesin agar Komponen Tetap Aman

momobil.id – Ketika membersihkan bagian eksterior, mobil boleh saja langsung disiram dengan air bersih. Namun tidak demikian jika ingin membersihkan ruang mesin. Ada beberapa tahapan yang harus diketahui ketika ingin membersihkan ruang mesin mobil agar tidak ada komponen maupun sistem kelistrikan yang terganggu.

Peralatan untuk membersihkan ruang mesin mobil pun agak berbeda dibanding ketika mencuci bagian eksterior. Membersihkan ruang mesin mobil tentu saja tak boleh menggunakan selang dengan air mengucur, melainkan menggunakan semprotan air bertekanan ringan.

Tahap pertama membersihkan bagian mesin bisa dimulai dengan membuat mesin dalam keadaan hangat. Jika mesin masih dingin, nyalakan sebentar sekitar satu menit. Tahap kedua, cabut kunci agar kelistrikan mobil benar-benar mati. Jika perlu, cabut koneksi aki guna memastikan tak ada kelistrikan mobil yang menyala.

Setelahnya, pada tahap ketiga, tutup semua komponen penting dan elektrikal menggunakan plastik atau alumunium foil. Beberapa komponen penting yang perlu ditutup agar tidak terkena air seperti air intake, soket kelistrikan, koil, sensor, dan sebagainya. Jangan sekali-kali membiarkan air masuk ke dalam air intake karena bisa menyebabkan water hammer.

Jika semua komponen penting telah ditutup rapi, tahap keempat bisa dimulai dengan membersihkan bagian permukaan mesin dan celah-celahnya menggunakan engine degreaser. Bersihkan menggunakan sikat kecil yang cukup halus atau menggunakan kuas. Dalam proses pembersihan, kombinasikan dengan camuran air dan detergen. Bersihkan bagian per bagian dan langsung bilas. Hal ini bertujuan menghindari cairan detergen kering sehingga menimbulkan kerak.

Baca juga: Mau Beli Mobil Tapi Gaji Masih Pas-pasan? Coba Tips Berikut

Dalam proses bilas, tetap gunakan semprotan air bertekanan rendah. Jangan sekali-kali menyemprot terlalu keras ke komponen-komponen penting mobil. Jika sudah selesai dibilas, keringkan menggunakan kanebo atau kain berbahan lembut. Selanjutnya, copot semua penutup yang digunakan untuk melindungi komponen penting dari air. Diamkan sejenak, pastikan bagian ruang mesin benar-benar kering.



Kembali ke atas