Tips Memilih Cover Mobil agar Kendaraan Terlindung Maksimal

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 16 December 2020

Tips Memilih Cover Mobil agar Kendaraan Terlindung Maksimal

momobil.id – Merawat mobil tidak hanya cukup di bagian mesin atau interior saja. Bagian eksterior mobil pun juga perlu dirawat dengan baik. Salah satu cara untuk merawat bagian eksterior mobil adalah dengan cara memakai cover atau sarung mobil. Berikut kami rangkum beberapa tips memilih cover mobil agar eksterior mobil terlindungi secara maksimal.

Ketika mobil sedang tidak digunakan atau sedang diparkir di rumah, Sahabat Momo perlu melindungi mobil dengan cover atau sarung mobil. Hal ini untuk melindungi mobil dari hujan, debu, kotoran, atau bahkan goresan yang tidak diinginkan. Lantas, bagaimana cara memilih cover mobil yang cocok untuk mobil kita?

Pastikan Ukuran Cover Mobil

Sebelum membeli, pastikan Sahabat Momo tau ukuran dimensi mobil yang dimiliki. Jangan sampai ukuran cover mobil yang dipakai terlalu besar atau terlalu kecil. Ukuran cover yang terlalu besar atau kecil akan membuat mobil tidak terlindungi secara sempurna yang bisa membuat mobil terkena hujan, debu, bahkan kotoran.

Bahan yang Tepat

Pemilihan bahan cover mobil juga sangat penting. Jika Sahabat Momo sering memarkirkan mobil di luar ruangan, maka sebaiknya menggunakan cover mobil berbahan parasut atau polyester. Bahan ini cenderung tahan air dan bisa melindungi mobil dari hujan. Namun, cover mobil berbahan parasut berisiko menghasilkan embun di bagian dalamnya. Oleh karena itu, Sahabat Momo wajib untuk menjaga agar cover tetap kering dan bersih.

Baca juga: Pemilik Mobil Perlu Ketahui Hal Ini Sebelum Menggunakan Sarung Mobil Saat Hujan

Sementara, untuk mobil yang diparkiran di dalam ruangan, Sahabat Momo bisa menggunakan cover mobil berbahan fabric agar sirkulasi udara lancar dan terhindar dari kondisi lembab.

Ketahui Lapisan Cover Mobil

Menggunakan cover mobil yang terdiri dari satu lapis saja tidak dianjurkan karena perlindungannya yang kurang efektif. Gunakan cover mobil dengan tiga lapisan. Lapisan pertama yang berfungsi untuk melindungi mobil dari hujan dan sinar matahari. Di lapisan kedua biasanya dilengkapi rongga yang berfungsi untuk sirkulasi udara agar tidak berembun. Dan di lapisa ketiga biasanya berbahan lembut yang akan melindungi mobil dan tidak menyebabkan baret.

Pastikan Tidak Mudah Luntur

Bagi Sahabat Momo yang memilih cover mobil dengan warna terang maka harap berhati-hati. Cover mobil dengan kualitas rendah sangat rentan luntur warnanya dan bisa mengenai bodi mobil. Jika ingin menggunakan cover mobil dengan warna terang, pastikan kualitasnya baik agar warnanya tidak luntur.

Itu tadi beberapa tips memilih cover mobil yang bisa Sahabat Momo terapkan sebelum membeli dan menggunakan cover mobil.


Kembali ke atas