Tips Memilih Cover Mobil Agar Tidak Merusak Bodi

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 9 May 2020

Tips Memilih Cover Mobil Agar Tidak Merusak Bodi

momobil.idCover mobil memiliki fungsi untuk melindungi mobil dari sinar matahari dan hujan agar tidak merusak warna mobil. Apabila pemilik mobil tidak menggunakan cover mobil, maka lama kelamaan cat akan memudar karena terpapar sinar UV matahari dan berkarat. Banyak produsen yang menjual cover mobil, dari berbagai macam merk hingga material yang berbeda-beda. Pemilihan cover mobil tentunya perlu diperhatikan agar cover yang dipilih sesuai dan tidak merusak permukaan bodi. Berikut adalah tips memilih cover mobil yang sesuai agar tidak merusak bodi mobil.

Pilih Ukuran Cover yang Sesuai

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan cover mobil adalah ukuran dari cover. Pemilihan cover disesuaikan dengan ukuran mobil, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Jika terlalu kecil, maka ada bagian mobil yang tidak terlindungi, seperti bagian bawah mobil. Bagian ini akan terkena air hujan atau debu. Ukuran cover mobil yang terlalu besar membuat cover tidak terpasang secara presisi dan bagian bawah cover mobil tidak kencang. Hal ini dapat menyebabkan cover mobil lepas ketika tertiup angin.

Pemilihan Material Cover Outdoor

Mobil yang diparkir di outdoor membutuhkan perlindungan khusus, salah satunya adalah menjaga warna cat agar tidak pudar. Pastikan mobil terlindung dari air hujan dan paparan sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, penting untuk memilih cover mobil dengan material yang berkualitas dilapisi dengan coating yang mampu menahan air merembes. Untuk memastikan adanya coating, siramkan air pada cover tersebut. Apabila terlihat efek seperti daun talas, maka cover memiliki lapisan coating.

Untuk pemilihan material anti air, pemilik mobil dapat membeli cover dengan bahan dasar poliester atau parasut. Bahan jenis ini memiliki kemampuan anti air dan ketahanan terhadap cuaca panas. Material cover dengan poliester juga tidak mudah pudar dan rusak, sehingga cocok untuk outdoor.

Hindari Material Cover Mobil 100% Sintetis

Penggunaan bahan 100% sintetis memiliki permukaan dalam dan luar yang licin, serta anti air. Namun bahan ini memiliki kekurangan, yaitu gampang robek. Penggunaan bahan 100% sintetis dapat membuat permukaan bodi terlihat seperti ada gesekan membentuk pola laba-laba. Hal ini terjadi karena kontak langsung dengan bahan kain pada permukaan bodi mobil karena sering digunakan di luar ruangan.

Baca Juga : Tips Memilih Kacamata yang Nyaman untuk Mengemudi.

Pilihlah Cover dengan Warna yang Tepat

Dalam pemilihan cover mobil, pemilik mobil perlu mempertimbangkan warna yang tepat. Jika cover mobil digunakan di indoor, maka pemilik mobil dapat memilih warna yang sesuai dengan keinginan. Namun, pemilihan cover mobil indoor berbeda dengan cover mobil outdoor. Pilihlah warna yang tidak cepat luntur, seperti warna silver. Pemilihan warna yang lain dapat berisiko luntur, sehingga merusak permukaan mobil.

Sumber gambar: mini.co.id.



Kembali ke atas