Tips Memilih Kacamata yang Nyaman untuk Mengemudi.

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 7 May 2020

Tips Memilih Kacamata yang Nyaman untuk Mengemudi.

momobil.id – Kacamata sering dipakai oleh sebagian orang untuk mengemudi. Entah kacamata dipakai untuk bergaya, menghalau sinar matahari, atau untuk melihat sekeliling agar lebih jelas. Namun dalam memilih kacamata mengemudi, banyak orang yang tidak menyadari beberapa pilihan tidak cocok digunakan sambil mengemudi. Berikut adalah tips untuk memilih kacamata yang tepat agar mengemudi lebih nyaman.

Perhatikan Warna Lensa yang Nyaman Dipakai

Warna lensa sangat mempengaruhi perform pandangan mata. Jika salah memilih, maka dapat mempengaruhi jumlah cahaya dan perbedaan warna yang dilihat pada mata. Disarankan untuk memilih warna yang netral seperti abu-abu, coklat dengan polarisasi, dan jenis warna kekuningan yang bisa meningkatkan kontras.

Selain itu, pemilihan kepadatan warna juga penting dalam memilih kacamata yang sesuai. Skala pengukuran kepadatan warna adalah 0-4, dimana 0 sangat bening dan 4 sangat gelap. Hal ini berpengaruh pada kadar cahaya yang disaring, dimanajika kadar cahaya tidak sesuai maka dapat menyebabkan kurang konsentrasi dan mata lelah.

Pilih Kacamata yang Memiliki Fitur Proteksi

Setiap mobil memiliki sun visor yang dapat berfungsi untuk mengurangi cahaya yang masuk. Namun posisi sun visor pada mobil kurang ideal, sehingga pengemudi perlu menggunakan kacamata anti UV atau polarized. Bagi pengemudi yang memiliki mata minus dan plus, disarankan untuk menggunakan kacamata baca dengan lensa khusus.

Sesuaikan Lensa dengan Kebutuhan

Sesuaikan lensa kacamata mengemudi sesuai dengan kebutuhan mata minus atau silinder agar lebih nyaman untuk dipakai. Dalam hal ini pengemudi bisa menggunakan resep dokter sehingga tidak bermasalah jika membutuhkan lensa anti UV atau polarized untuk kacamata rabun jauh.

Baca Juga : Tips Mengemudikan Mobil Ketika Melewati Turunan Tajam

Ukuran Kacamata Sesuaikan dengan Bentuk Wajah

Pilihlah ukuran kacamata yang telah disesuaikan dengan bentuk wajah. Pastikan kacamata berada di posisi yang tepat. Pilihlah kacamata yang pas, tidak longgar dan tidak terlalu ketat. Jangan sampai turun ke hidung karena dapat mengganggu selama berkendara.

Untuk bingkai kacamata sendiri tidak ada hal yang spesifik. Bingkai kacamata sendiri disarankan untuk tidak menghalagi pandangan tepi dan melindungi mata secara keseluruhan.



Kembali ke atas