Tips Meminang Mobil Ex Taxi agar Tidak Kecewa

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma

14 February 2020

Tips Meminang Mobil Ex Taxi agar Tidak Kecewa

momobil.id – Sebagian orang menginginkan mobil murah yang dapat memenuhi kebutuhan transportasi sehari-harinya. Mobil ex taxi dapat menjadi sebuah pilihan. Mobil-mobil ini dijual dengan harga yang murah, mulai dari Rp70 jutaan sampai Rp90 jutaan, bahkan ada beberapa mobil yang dijual lebih murah.

Meskipun demikian, bagi yang ingin membeli mobil bekas ini harus berhati-hati. Rata-rata mobil ex taxi berumur lima hingga enam tahun. Tentunya mobil tersebut sudah pernah menempuh jarak ratusan ribu kilometer dan seringkali harus menerjang hambatan di jalan. Hal ini sangat mempengaruhi kinerja mesin dan berbagai bagian lainnya. Berikut adalah beberapa tips bagi para peminat yang ingin meminang mobil ex taxi.

Memilih perusahaan dengan reputasi baik

Indonesia memiliki banyak perusahaan taxi seperti Blue Bird, Express, Silver Bird, dan lainnya. Setiap perusahaan pasti memiliki standarisasi dalam merawat mobil-mobilnya. Calon pembeli mobil bekas taxi disarankan membeli di perusahaan besar yang memiliki standarisasi yang baik dalam perawatan mobil. Dengan standar yang bagus, tentunya calon pembeli mendapatkan mobil dengan kondisi yang prima.

Mengajak kerabat yang paham otomotif

Mengajak kerabat atau teman yang lebih paham soal otomotif disarankan ketika ingin membeli mobil bekas. Tentunya tidak semua orang paham tentang hal yang detail mengenai otomotif, khususnya pada bagian mesin dan kaki-kaki. Dengan mengajak orang yang lebih paham soal otomotif, tentunya calon pembeli mendapatkan mobil dengan kualitas yang baik.

Baca Juga : Hal yang Perlu Diperhatikan agar Modifikasi Mobil Tetap Aman

Cek exterior, interior, dan fitur mobil ex taxi

Salah satu hal terpenting dalam membeli mobil bekas adalah mengecek eksterior, Interior dan fitur dari mobil tersebut. Secara eksterior, kebanyakan mobil bekas taxi tidak semulus mobil biasa. Pada sisi interior, pengecekan dilakukan lewat audio dan AC. Pastikan bahwa audio dan ac berjalan dengan baik, dan tombol-tombol pada bagian interior bekerja dengan baik. Setelah itu, calon pembeli harus mengecek bagian suspensi dan sasis mobil.

Cek mesin mobil ex taxi

Bagian terpenting dalam pengecekan mobil bekas adalah dengan mengecek keadaan mesin. Sebagian mobil yang sudah menempuk jarak ratusan ribu kilometer biasanya mengalami penurunan pada kinerja mesin. Cara paling mudah untuk pengecekan mesin adalah dengan menyalakan mesin dan mendengarkan bunyinya. Jika ada bunyi yang janggal dan mengganggu, mungkin ada beberapa kerusakan pada mesin.

Memeriksa surat kendaraan

Tips penting selanjutnya dalam memilih mobil bekas taxi ini adalah pengecekan surat kendaraan seperti BPKB dan STNK. Hal ini penting untuk melihat kesesuaian nomor rangka, mesin, dan kendaraan terhadap surat-suratnya. Untuk mempermudah proses pembelian, biasanya sebagian perusahaan taxi akan langsung mengganti plat nomor dengan plat hitam.

Melakukan test drive

Setelah melakukan pengecekan terhadap exterior, interior, dan mesin, test drive perlu dilakukan. Test drive dilakukan untuk merasakan kenyamanan dari mobil yang akan dibeli. Lewat test drive, calon pembeli juga dapat mendeteksi keanehan pada mobil, seperti kopling, rem, operasional mekanis, dan tombol – tombol. Selain itu, calon pembeli juga dapat merasakan suspensi dan tenaga yang dikeluarkan dari mesin.

Sumber gambar: visitberlin.de

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas