Tips Memoles Wax Cat Mobil agar Berkilau Seperti Cermin

Ditulis oleh : Danang Setiaji

31 Dec 2019

momobil.id - Ada beragam perawatan yang bisa diterapkan pada body mobil. Mulai dari mencuci mobil, memoles, hingga detailing. Selain mencuci, perawatan lainnya yang mudah dilakukan sendiri adalah menerapkan wax pada cat mobil.

Wax memiliki fungsi untuk memproteksi mobil yang sudah dicuci. Namun penerapannya tidak akan maksimal jika langsung diterapkan pada mobil yang sudah dicuci. Setelah dicuci, mobil harus melewati tahapan auto detailing dulu sebelum diterapkan wax.

Menurut Chocky selaku pemilik Meguiars Indraprasta Bogor (Autodeptsideworks), ada beberapa tips yang bisa diterapkan pemilik mobil ketika ingin mengaplikasikan sendiri wax ke body mobil. Tips pertama, cuci bersih mobil lalu lakukan detailing sendiri di rumah.

"Kalau tidak (melakukan detailing) hanya dapat tampilan glossy saja. Resolusi dari body kurang. Resolusi itu cat body terlihat seperti cermin," jelas Chocky seperti dilansir Kompas.

Tips kedua, pengaplikasian wax harus di tempat yang teduh dan jangan berada langsung di bawah sinar matahari. Jika nekat dilakukan, maka bisa menyebabkan scratch pada body mobil. "Kalau di bawah sinar matahari, body mobil jadi panas. Pas digesek sedikit dengan wax, bisa menyebabkan baret," jelasnya. Chocky juga mengingatkan jangan memakai wax terlalu banyak. Karena semakin banyak wax tidak membuatnya semakin bagus.

"Kalau semakin banyak, nanti blur hasilnya. Tidak matang wax yang ditempel ke body. Sebenarnya cukup sedikit saja, apalagi sekarang sudah ada cairan wax super mikro," paparnya.

Tips terakhir, pengaplikasian wax harus menggunakan tangan dan kain microfiber yang masih baru. Jika menggunakan microfiber yang sudah dicuci, maka harus dijemur di dalam ruangan agar tidak terkena debu-debu halus.

Lalu, jika wax sudah diaplikasikan, pemilik mobil juga harus mengetahui bagaimana merawatnya. Chocky mengingatkan sebaiknya mobil dihindari dari air hujan yang membawa debu karena bisa menempel di body mobil. Namun jika body mobil terkena air hujan, pemilik bisa menyiramnya dengan air bersih.

Baca Juga: Kondisi Cat Sudah Begini, Waktunya Dibawa ke Salon Mobil

"Jangan langsung dilap. Biarkan dulu sampai kotorannya turun dan semprot lagi dengan air yang kencang. Baru body dilap pakai microfiber," ujarnya. Jika setelah mobil disiram kemudian langsung dilap secara bersamaan, Chocky menilai hal tersebut merupakan treatment yang keliru. Hal tersebut justru bisa menyebabkan scratch yang lebih dalam dan membuat bekas cat seperti sarang laba-laba.

Chocky menambahkan, body mobil yang sudah diterapkan wax lebih bagus jika terpapar sinar matahari. Hal ini merupakan kebalikan dari proses ketika mobil dalam proses wax. "Tekstur body mobil itu kan cat. Jika di bawah sinar matahari akan membuat pori-pori cat terbuka dan wax menyerap dengan baik ke body mobil," tuturnya.

Sumber gambar: Radar Logic

  • perawatan mobil
  • Auto Lifestyle (Display)
  • perawatan cat mobil
  • poles mobil
  • wax mobil

Cari Mobil

Baru
Bekas
2010
2020

Actions

Mobil yang disarankan

Rp 110,000,000

Individu

palembang

Rp 112,000,000

Individu

jember

Rp 72,000,000

Individu

semarang

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More

Kembali ke atas