Tips Memoles Wax Cat Mobil agar Berkilau Seperti Cermin

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 31 December 2019

Tips Memoles Wax Cat Mobil agar Berkilau Seperti Cermin

momobil.id – Ada beragam perawatan yang bisa diterapkan pada body mobil. Mulai dari mencuci mobil, memoles, hingga detailing. Selain mencuci, perawatan lainnya yang mudah dilakukan sendiri adalah menerapkan wax pada cat mobil.

Wax memiliki fungsi untuk memproteksi mobil yang sudah dicuci. Namun penerapannya tidak akan maksimal jika langsung diterapkan pada mobil yang sudah dicuci. Setelah dicuci, mobil harus melewati tahapan auto detailing dulu sebelum diterapkan wax.

Menurut Chocky selaku pemilik Meguiars Indraprasta Bogor (Autodeptsideworks), ada beberapa tips yang bisa diterapkan pemilik mobil ketika ingin mengaplikasikan sendiri wax ke body mobil. Tips pertama, cuci bersih mobil lalu lakukan detailing sendiri di rumah.

“Kalau tidak (melakukan detailing) hanya dapat tampilan glossy saja. Resolusi dari body kurang. Resolusi itu cat body terlihat seperti cermin,” jelas Chocky seperti dilansir Kompas.

Tips kedua, pengaplikasian wax harus di tempat yang teduh dan jangan berada langsung di bawah sinar matahari. Jika nekat dilakukan, maka bisa menyebabkan scratch pada body mobil. “Kalau di bawah sinar matahari, body mobil jadi panas. Pas digesek sedikit dengan wax, bisa menyebabkan baret,” jelasnya. Chocky juga mengingatkan jangan memakai wax terlalu banyak. Karena semakin banyak wax tidak membuatnya semakin bagus.

“Kalau semakin banyak, nanti blur hasilnya. Tidak matang wax yang ditempel ke body. Sebenarnya cukup sedikit saja, apalagi sekarang sudah ada cairan wax super mikro,” paparnya.

Tips terakhir, pengaplikasian wax harus menggunakan tangan dan kain microfiber yang masih baru. Jika menggunakan microfiber yang sudah dicuci, maka harus dijemur di dalam ruangan agar tidak terkena debu-debu halus.

Lalu, jika wax sudah diaplikasikan, pemilik mobil juga harus mengetahui bagaimana merawatnya. Chocky mengingatkan sebaiknya mobil dihindari dari air hujan yang membawa debu karena bisa menempel di body mobil. Namun jika body mobil terkena air hujan, pemilik bisa menyiramnya dengan air bersih.

Baca Juga: Kondisi Cat Sudah Begini, Waktunya Dibawa ke Salon Mobil

“Jangan langsung dilap. Biarkan dulu sampai kotorannya turun dan semprot lagi dengan air yang kencang. Baru body dilap pakai microfiber,” ujarnya. Jika setelah mobil disiram kemudian langsung dilap secara bersamaan, Chocky menilai hal tersebut merupakan treatment yang keliru. Hal tersebut justru bisa menyebabkan scratch yang lebih dalam dan membuat bekas cat seperti sarang laba-laba.

Chocky menambahkan, body mobil yang sudah diterapkan wax lebih bagus jika terpapar sinar matahari. Hal ini merupakan kebalikan dari proses ketika mobil dalam proses wax. “Tekstur body mobil itu kan cat. Jika di bawah sinar matahari akan membuat pori-pori cat terbuka dan wax menyerap dengan baik ke body mobil,” tuturnya.

Sumber gambar: Radar Logic


Kembali ke atas