Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Bagi Pemula

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 21 April 2020

Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Bagi Pemula

momobil.id – Mengingat banyaknya permintaan akan moda transportasi kendaraan roda empat seperti mobil, membuka bisnis rental mobil merupakan sesuatu yang menguntungkan. Bagi pemula yang ingin menggeluti bisnis ini, ada beberapa tips bisnis rental mobil agar menuai keuntungan maksimal.

Calon pemilik bisnis perlu mengetahui tips bisnis rental mobil guna meminimalisir risiko yang mungkin terjadi. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut tips bisnis rental mobil yang bisa dipraktekkan.

Baca juga: Begini Cara Jual Mobil Over Kredit Sesuai Aturan

Beli mobil dengan peminat terbanyak

Sebelum memulai bisnis, pertama-tama harus membeli mobil yang akan disewakan. Ketika memilih mobil, pilih mobil yang paling banyak diminati pelanggan di daerah tersebut. Biasanya pelanggan rental mobil menyukai mobil yang irit dan mampu mengangkut banyak orang seperti Daihatsu Xenia atau Toyota Avanza. Beberapa pelanggan biasanya juga ada yang mencari mobil seperti Toyota Innova atau Daihatsu Gran Max.

Mobil bekas atau baru?

Jika memilih mobil baru untuk disewakan, keuntungannya adalah biaya perawatan yang dikeluarkan pada tiga tahun pertama lebih terjangkau. Sedangkan kekurangannya, biaya investasi yang dikeluarkan untuk membeli mobil baru tentu lebih besar dibanding mobil bekas. Sementara jika membeli mobil bekas, keuntungannya adalah biaya investasinya lebih murah dibanding membeli mobil baru. Namun kekurangannya adalah biaya perawatannya mungkin lebih mahal, tergantung kondisi mobil itu sendiri.

Beli tunai atau kredit?

Jika memiliki dana yang cukup, lebih baik membeli mobil secara tunai. Namun jika dana yang dimiliki masih kurang, bisa membeli mobil secara kredit. Jika membeli secara kredit, sisihkan pendapatan sewa mobil untuk membayar cicilan agar tidak terlalu terbebani setiap bulannya.

Beli asuransi mobil

Menjalankan bisnis rental mobil tentu memiliki banyak risiko. Mulai dari mobil mengalami baret akibat terserempet, penyok, rusak akibat kecelakaan, hingga hilang dicuri orang. Karena itu, penting bagi pelaku usaha rental mobil untuk mendaftarkan mobil sewaannya ke asuransi.

Tentukan peraturan rental mobil

Karena bisnis rental mobil memiliki risiko yang besar, mak penting untuk menetapkan peraturan pada usaha rental mobil. Beberapa aturan dasar seperti wajib mengisi surat perjanjian dengan materai, meninggalkan kartu identitas seperti KTP selama masa sewa, dan mengisi formulir data diri. Sebagai antisipasi, pasang juga GPS pada setiap unit mobil sewaan untuk mengetahui posisi mobil jika terjadi sesuatu.

Gabung kemitraan usaha

Jika merasa belum yakin menjalani sendiri operasional usaha bisnis rental mobil, tak ada salahnya bergabung sebagai mitra dengan pihak lain yang juga membuka bisnis serupa. Saat ini ada pihak yang membuka kemitraan waralaba bisnis rental mobil seperti AutoBridal. Untuk menjadi mitra, paket yang ditawarkan cukup beragam mulai dari Rp10 juta hingga Rp1 miliar.



Kembali ke atas