Coba Tips Berikut agar Mobil Tak Menjadi Sasaran Pencurian

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 27 April 2020

Coba Tips Berikut agar Mobil Tak Menjadi Sasaran Pencurian

momobil.id – Selain menjaga kesehatan, meningkatkan kewaspadaan juga perlu dilakukan ketika tengah menghadapi masa sulit seperti pandemi COVID-19. Salah satu bentuk kewaspadaan selama bulan puasa dan pemberlakuan PSBB adalah mencegah terjadinya tindak pidana curanmor (pencurian kendaraan bermotor).

Kendaraan bermotor seperti sepeda motor maupun mobil kerap menjadi sasaran pelaku kejahatan. Tindak pidana curanmor pada mobil mulai dari pencurian spion hingga mencuri unit mobil itu sendiri. Karena itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan pemilik kendaraan agar mobil kesayangannya tidak menjadi sasaran curanmor selama bulan puasa dan pemberlakukan PSBB

Baca juga: Tahapan Mencuci Mobil yang Benar agar Tidak Ada Baret Halus

Selalu mengunci mobil

Jangan biarkan mobil dalam keadaan tidak terkunci ketika hendak beristirahat di rumah. Karena kendaraan yang dibiarkan tidak terkunci akan mempermudah pelaku kejahatan membawa kabur mobil yang ada di rumah.

Aktifkan alarm

Ada baiknya agar selalu mengaktifkan alarm mobil guna mencegah kendaraan menjadi sasaran kejahatan curanmor. Bunyi alarm biasanya akan membuat pelaku kejahatan panik dan membuat mereka buru-buru kabur dan tidak jadi melakukan curanmor.

Pasang kunci setir

Pengamanan ganda juga perlu dilakukan jika seandainya mobil berhasil dibuka oleh pelaku pencurian. Memasang kunci setir akan membuat pelaku pencurian harus bekerja ekstra dan akan memakan waktu lama untuk membukanya.

Pasang CCTV

Jika mobil sudah diberikan pengamanan berlapis, sebaiknya juga turut memasang kamera CCTV. Hal ini penting agar pemilik kendaraan memiliki bukti jika ada seseorang yang hendak mencuri komponen atau membawa kabur mobil.

Pasang GPS

Jika hal terburuk terjadi seperti mobil berhasil dibawa kabur oleh pencuri, maka pemilik mobil masih bisa melacak keberadaan kendaraannya jika mobil tersebut sudah dipasang GPS. Harga GPS untuk mobil cukup bervariasi, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

Sediakan penerangan yang cukup

Ketika memarkir mobil di garasi, usahakan lampu yang terpasang di garasi cukup terang. Penerangan yang redup atau bahkan gelap gulita akan memudahkan pencuri lantaran aksinya ketika membobol mobil akan sulit terlihat.

Sumber gambar: streetwizeaccessories.com


Kembali ke atas