Tips Mencegah Rem Blong yang Wajib Diketahui Pengemudi

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 22 January 2021

Tips Mencegah Rem Blong yang Wajib Diketahui Pengemudi

momobil.id – Rem sangat berperan penting untuk menunjang keselamatan dalam berkendara. Banyak kecelakaan yang sering kali disebabkan oleh rem blong. Lalu bagaimana mengatasinya? Berikut kami rangkum beberapa tips mencegah rem blong agar berkendara lebih aman dan nyaman.

Pertama-tama, kita harus mengetahui apa saja penyebab rem blong. Umumnya, masalah sering muncul akibat minyak rem yang habis. Kemungkinan juga bisa disebabkan oleh udara pada sirkulasi minyak rem yang menyebabkan oksidasi dan menghasilkan upa air yang membuat tekanan minyak rem turun.

Oleh karena itu, Sahabat Momo harus rutin mengecek kondisi dan mengganti minyak rem. Pastikan jangan membiarkan minyak rem sampai habis. Cek juga kualitas minyak rem, karena minyak rem dengan kualitas buruk juga bisa menyebabkan rem blong. Disarankan untuk memeriksa level minyak rem sebulan sekali dan menggantinya setiap 40.000 km atau 2 tahun sekali agar kualitas minyak rem selalu terjaga.

Penyebab lainnya adalah kampas rem yang sudah aus, kaliper membeku, piston rem rusak akibat pemakaian yang terlalu lama. Jika sudah mengalami kondisi seperti ini, segera ganti kampas rem dan juga cek kondisi piringan cakram atau teromol rem. Periksa juga bagian piston rem agar tidak macet, terutama dari karat dan kerusakan bagian karet-karet piston.

Baca juga: Tips Mencegah Tabrak Belakang Kendaraan, Perhatikan Hal Berikut!

Tips mencegah rem blong selanjutnya adalah menginjak pedal rem seperlunya saja. Ketika terlalu sering menginjak rem, kaliper rem akan mengalami panas akibat gesekan yang berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan rem blong. Hindari juga mengerem secara penuh di jalan yang menurun yang terjal. Lebih disarankan untuk menggunakan engine brake dengan menurunkan gigi transmisi.

Kemudian saat hujan, rem juga tidak dapat berfungsi secara optimal. Dianjurkan untuk segera menurunkan kecepatan ketika jalan sudah basah. Kemudian saat menempuh perjalanan jauh, sempatkan untuk berhenti dan beristirahat minimal 3 jam sekali. Ini juga bermanfaat untuk menghilangkan panas pada rem.

Promo pembersihan kampas rem di Moservice.id

Dan yang tak kalah penting adalah melakukan servis secara rutin. Sahabat Momo bisa melakukan service di Moservice.id. Melalui Moservice.id, Sahabat Momo bisa melakukan booking servis mobil dengan mudah. Terlebih lagi, Moservice.id juga menyediakan benyak pilihan promo menarik setiap bulannya.


Kembali ke atas