Tips Mencegah Tabrak Belakang Kendaraan, Perhatikan Hal Berikut

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 18 January 2021

Tips Mencegah Tabrak Belakang Kendaraan, Perhatikan Hal Berikut

momobil.id – Saat berkendara di jalan, tentunya kita tidak ingin mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan. Oleh sebab itu, sebagai pengguna jalan kita harus selalu waspada akan kemungkinan terjadinya kecelakaan tunggal, kecelakaan beruntun, atau tabrak belakang. Berikut tips mencegah tabrak belakang kendaraan yang bisa Sahabat Momo terapkan.

Pertama, hal yang penting untuk dilakukan sebagai pengemudi adalah menjaga pandangan ke depan agar mengetahui situasi dan kondisi lingkungan yang dilewatinya.

Ilustrasi mengemudi
Ilustrasi mengemudi

Agar tetap fokus, hindari penggunaan gadget saat mengemudi. Fokus dalam berkendara sangat penting agar bisa mengetahui situasi di depan dan agar bisa mengambil keputusan seperti mengerem atau menambah kecepatan.

Kemudian, jangan lupa untuk selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan kita terutama saat berada di jalan bebas hambatan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga jarak aman. Salah satunya adalah dengan menggunakan interval 3 detik.

Baca juga: Tips Mengatasi Mata yang Mulai Lelah Ketika Mengemudi

mengemudi di jalan tol
Ilustrasi mengemudi di jalan tol

Caranya adalah dengan menggunakan objek atau benda statis seperti pelang jalan, pelang iklan, pohon, atau jembatan sebagai tanda. Lalu perhatikan kendaraan di depan kita. Ketika sudah melewati objek yang sudah Sahabat Momo tentukan, kemudian hitung sampai 3 detik. Jika mobil Sahabat Momo membutuhkan waktu 3 detik untuk melewati objek tersebut, berarti metode interval 3 detik berhasil diterapkan.

Ilustrasi lampu sein
Ilustrasi lampu sein

Terakhir, tips mencegah tabrak belakang kendaraan yang tak kalah penting adalah selalu menggunakan lampu isyarat ketika ingin berpindah jalur atau mendahului kendaraan yang berada di depan seperti yang diatur dalam Pasal 112 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Apabila lalai dan tidak menyalakan lampu sein, maka akan dikenakan sanksi kurungan paling lama 1 bulan atau denda Rp 250 ribu.


Kembali ke atas