Tips Mencuci Mobil Sendiri di Rumah Layaknya Profesional

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 24 October 2020

Tips Mencuci Mobil Sendiri di Rumah Layaknya Profesional

momobil.id – Salah satu kegiatan yang umum dilakukan ketika akhir pekan adalah mencuci kendaraan. Bagi pemilik mobil yang ingin mencuci kendaraannya, beberapa tips yang bisa dicoba seperti membawanya ke tempat cuci mobil profesional atau melakukannya sendiri di rumah.

Jika ingin melakukannya sendiri di rumah, pemilik mobil perlu mengetahui beberapa tips agar bisa melakukan cuci mobil layaknya profesional. Berikut penjelasan selengkapnya.

Siapkan peralatan mencuci

Seperti dilansir Detik.com, pemilik mobil sebaiknya sudah menyiapkan semua peralatan mencuci seperti selang air, ember, dan spons. Usahakan untuk menyiapkan tiga ember. Satu ember diisi campuran sampo mobil dan air, kemudian ember lainnya diisi air bersih. Tujuannya agar kotoran bisa benar-benar bersih. Apabila Anda hanya menggunakan satu ember, ada kemungkinan kotoran yang ada di mobil bisa-bisa kembali menempel karena penggunaan ember yang sama.

Satu ember lagi digunakan khusus untuk membersihkan ban. Bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, ban dan pelek biasanya lebih kotor. Dengan menyiapkan ember khusus ini, Anda terhindar dari memindahkan kotoran di ban ke bodi mobil. Jangan lupa untuk lap kering dan cairan pemoles mobil juga disiapkan di sekitar Anda mencuci.

Baca juga: Ini Bahayanya Jika Penumpang Kursi Belakang Tak Memakai Seat Belt

Cara mencuci

Setelah semua peralatan sudah siap, segeralah mencuci mobil Anda. Anda bisa menggunakan spons untuk membersihkan seluruh permukaan mobil dengan campuran cairan sampo dan juga air.

Pastikan sampo yang digunakan khusus untuk membersihkan mobil, agar tidak memberikan kerusakan pada cat mobil serta bagian eksterior lainnya. Usai membubuhkan seluruh permukaan mobil dengan sampo, segera bilas mobil.

Hal itu dilakukan agar cairan bekas sampo tak membekas di permukaan mobil. Anda tentu tak ingin cat mobil baru Anda memiliki noda-noda putih bekas sampo, bukan? Segeralah lap mobil dengan menggunakan lap bersih atau kanebo.

Setelah seluruh bodi mobil dicuci dan dilap dengan bersih Anda bisa memulai mencuci ban. Ban sengaja dicuci paling akhir karena letaknya berada di bawah sehingga tak berpotensi mengotori bodi mobil. Bila ada, siapkan sikat gigi kala mencuci ban. Ini dapat membantu Anda menjangkau sela-sela ban yang sulit tersentuh tangan.

Poles mobil

Supaya mobil tetap bersih dan mengkilap, Anda bisa menggunakan cairan waxing. Ini membantu agar cat mobil Anda terlihat lebih mengkilap dari biasanya.

Penggunaan cairan wax juga dapat menjaga cat mobil dari kotoran bersifat korosif yang menempel seperti kotoran burung. Gunakan juga cairan ini untuk memoles ban agar bersih lebih sempurna.

Bersihkan bagian interior

Interior mobil merupakan bagian yang paling sering tersentuh tangan. Untuk itu, Anda sebaiknya rajin untuk membersihkannya secara rutin. Bisa menggunakan lap dan juga cairan pembersih interior yang aman. Jika memiliki vacuum cleaner, jangan lupa menyedot debu yang ada di bagian interior, terutama bagian karpet dan kolong mobil.


Kembali ke atas