Tips Mendempul Mobil Penyok dengan Benar

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 19 April 2020

Tips Mendempul Mobil Penyok dengan Benar

momobil.id – Semua orang pasti menginginkan mobilnya terlihat kinclong dan mulus. Namun, berbagai hal bisa saja terjadi, salah satunya adalah mobil penyok. Tentunya kondisi mobil penyok membuat penampilan mobil menjadi tidak lagi menarik, bahkan minder saat mengendarainya. Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan menggunakan dempul. Berikut adalah tips mendempul mobil yang penyok dengan benar.

Proses Mendempul Mobil dengan Benar

Hal yang pertama dilakukan adalah memastikan mobil benar-benar bersih, baik dari debu maupun karat. Jika bagian bodi mobil memiliki tekstur yang penyok, maka segera perbaiki dengan palu khusus agar tekstur kembali lurus sesuai bodi mobil. Setelah mobil tampak bersih, lakukan pengecatan dasar pada bagian yang ingin didempul menggunakan cat basic yang dicampur thiner dengan ukuran 1:1. Siapkan dempul dan skrap dempul sesuai kebutuhan. Ketika sudah melakukan pengecatan ulang, oleskan dempul pada bagian mobil yang ingin didempul. Gunakan skrap untuk meratakan bagian dempulan. Kemudian tunggu dempulan hingga kering dan amplas bagian yang didempul hingga sama rata dengan bodi. Setelah proses pendempulan selesai, bersihkan semua bagian yang didempul menggunakan air dan sabun khusus mobil.

Tips Mendempul Mobil Penyok

Untuk mendempul mobil yang penyok, disarankan menempelkan dempulan setipis mungkin pada bagian bodi yang ingin dicat. Ricky Abdullah Putra selaku owner bengkel body repair Djuan Motor membenarkan hal ini.

“Kalau di bengkel ini diupayakan setipis mungkin pemakaian dempul. Biasanya dalam hitungan 10 persen dari bodi mobil yang diperbaiki,” ujar Ricky, dilansir dari VIVA.co.id.

Penggunaan dempul yang terlalu tebal akan membuat bodi semakin berat. Ketika bagian yang didempul diketuk, maka akan terdengar bunyi yang lebih padat. Bunyi ini berbeda dari suara nyaring pada saat mengetuk plat besi.

Baca Juga : Tips Menghilangkan Bunyi Mendecit pada Karet Wiper

Mendempul Mobil Untuk Modifikasi

Selain untuk mobil penyok, dempul juga digunakan saat melakukan modifikasi mobil, seperti membuat wide body pada mobil. Plat bodi pada fender yang dibuat melar harus didempul terdahulu sebelum dicat. Dempul pada mobil modifikasi dilakukan agar bentuk lekukan mobil terlihat rata dan rapih sesuai dengan keinginan.



Kembali ke atas