Tips Mengatasi AC Mobil yang Mengeluarkan Bau Lembab

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 16 June 2020

Tips Mengatasi AC Mobil yang Mengeluarkan Bau Lembab

momobil.id – AC mobil merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Seringkali sistem AC mobil memiliki permasalahan yang beragam. Salah satu permasalahan yang muncul ada AC mobil mengeluarkan bau lembab. Bau lembab yang dikeluarkan AC ini tentunya sangat mengganggu pengemudi saat berkendara. AC yang berbau lembab merupakan akibat dari jamur dan kotoran yang melekat pada evaporator. Adanya jamur dan kotoran pada evaporator dapat memberikan efek bagi proses kondensasi pada komponen tersebut. Oleh karena itu, untuk mengurangi kelembaban dan potensi munculnya bau, berikut adalah tips yang dapat dilakukan bagi pemilik kendaraan.

Matikan AC dan Atur Blower

Untuk membantu mengurangi bau lembab dalam kabin, pemilik mobil dapat mematikan AC dan nyalahkan kembali. Sesaat sebelum mematikan AC, atur blower pada volume maksimal. Lakukan hal ini saat kendaraan selesai digunakan untuk rutinitas.

Bersihkan Evaporator

Penyebab AC mobil berbau lembab dan apek adalah debu dalam kabin. Debu yang jarang dibersihkan ini kemudian akan masuk ke dalam sistem AC bagian evaporator. Hal ini dapat mengakibatkan kotoran dan jamur menumpuk pada evaporator AC. Pemilik mobil perlu membersihkan kabin bila kotor dan lembab. Selain itu, pemilik mobil juga harus membersihkan evaporator. Untuk membersihkannya, semprotkan air pada evaporator agar kotoran yang terperangkap dapat larut terbawa air.

Ganti Filter AC

Filter kabin yang kotor dapat mempengaruhi timbulnya bau pada AC mobil. Debu dan kotoran akan mudah menempel pada filter AC. Pemilik mobil disarankan untuk mengganti filter AC setiap 30.000 km untuk mencegah AC bau.

Baca Juga : Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Masalah pada Tangki BBM, Cek Sebelum Terlambat

Hindari Terlalu Sering Membuka Jendela Mobil saat AC Menyala

Untuk mengantisipasi munculnya bau pada AC mobil, pemiliki mobil disarankan untuk tidak membiasakan membuka jendela mobil pada saat AC menyala. Debu akan masuk ketika jendela mobil terbuka, apalagi saat AC menyala. Hal ini dapat menyebabkan debu dan kotoran mudah masuk ke dalam sistem AC. Namun, apabila kabin anda benar-benar bau, pemilik mobil dapat membawa mobil ke tempat yang menyediakan udara segar. Nyalakan AC selama 10 menit dalam keadaan jendela terbuka agar menjaga sirkulasi udara di dalam mobil.


Kembali ke atas