Tips Mengatasi Ban Mobil yang Mendadak Pecah di Jalan Tol

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 1 September 2020

Tips Mengatasi Ban Mobil yang Mendadak Pecah di Jalan Tol

momobil.id – Pecah ban saat sedang mengendarai mobil terkadang terjadi di saat yang tidak terduga. Penyebabnya beragam. Bisa karena ban melindas sesuatu, kondisi ban yang sudah tidak bagus, atau karena tekanan angin yang tidak sesuai.

Yang jadi permasalahan adalah jika pecah ban terjadi saat mobil sedang melaju di jalan tol dengan kecepatan tinggi. Hal pertama yang perlu diingat ketika mengalami kejadian ini adalah jangan panik. Tetap berusaha tenang guna meminimalisir potensi bahaya yang bisa terjadi. Nah bila hal itu terjadi, ada tips dan trik yang wajib diterapkan agar terhindar dari bahaya.

Jangan panik

Satu hal yang paling penting ketika kamu menghadapi pecah ban di jalan tol adalah jangan panik. Tetap tenang dan kuasai keadaan sembari secara perlahan menurunkan kecepatan kendaraan Anda.

Umumnya, orang yang panik saat ban mobilnya pecah akan kehilangan kendali atas mobilnya. Ini yang berbahaya! Namun bila mobil Anda memiliki fitur seperti ABS dan Traction Control, kemungkinan buruknya bisa diminimalisir.

Counter steering

Mengutip Beritagar.id, tindakan yang tepat bagi orang yang mengalami pecah ban adalah counter steering, alias memutar kemudi ke arah yang berlawanan dari posisi ban yang pecah. Ini dilakukan untuk menyeimbangkan laju mobil.

Baca juga: Empat Hal yang Menjadi Penyebab Ban Mobil Cepat Aus

Hidupkan lampu hazard dan berhenti di bahu jalan

Tindakan selanjutnya adalah menghidupkan lampu hazard untuk memberi informasi kepada pengemudi lainnya bahwa mobil Anda mengalami masalah. Jika posisi mobil Anda berada di jalur tengah jalan tol, secara perlahan menepilah ke bahu jalan.

Jika kondisi mobil sudah berhenti sempurna di bahu jalan, barulah Anda menyiapkan penggantian ban atau menghubungi pihak terkait untuk mendapatkan bantuan seperti layanan derek atau perbaikan di tempat.(Dwi Yanto)


Kembali ke atas